Sukses

Kenapa Bisa Hilang Fokus saat Bekerja?

Bekerja haruslah fokus. Namun terkadang, tidak jarang fokus tersebut hilang begitu saja. Mengapa demikian? Berikut ulasannya.

KlikDokter - Ketika bekerja ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan kita kehilangan fokus. Hilangnya fokus saat bekerja bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya media sosial, telepon, televisi, dan hilangnya stamina saat bekerja ataupun adanya gosip baru dari teman. Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan kita kehilangan fokus saat bekerja dan stamina saat bekerja, antara lain:

  •  Kelebihan Teknologi

Handphone, komputer ataupun media sosial bisa menggangu fokus saat bekerja. Anda dapat menanggulangi hal ini dengan cara menetapkan jadwal saat Anda bekerja. Selain itu, tentukan juga jadwal waktu rehat untuk membuka handphone. Lakukanlah konsultasi dengan dokter apabila Anda menjadi kesulitan fokus saat bekerja yang berlangsung terus menerus.

  • Kekurangan Tidur

Kekurangan tidur dapat mengganggu fokus saat bekerja. Saat Anda tidur kurang dari 7 atau 8 jam dalam sehari maka dapat menggangu fokus Anda. Apabila hal ini terjadi cobalah untuk tidur lebih cepat keesokan harinya. Anda juga dapat tidur sebentar di siang hari selama 15 sampai dengan 30 menit untuk mengembalikan fokus Anda dan stamina saat bekerja.

  • Kurang Olahraga

Penelitian membuktikan bahwa berolahraga secara teratur dapat menjaga fokus dan meningkatkan kemampuan belajar. Penderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) sebaiknya juga melakukan olahraga secara rutin dan teratur karena hal tersebut sangat baik memperbaiki konsentrasi.  Berolahraga juga bisa meningkatkan stamina dan memperbaiki kualitas tidur sehingga anda dapat terus fokus saat bekerja.

Untuk menjaga fokus saat bekerja dan menjaga agar stamina tetap terjaga, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni:

  • Sarapan

Studi menyebutkan bahwa mengonsumsi sarapan pagi yang bernutrisi tinggi dapat memperbaiki fokus, konsentrasi dan stamina saat bekerja. Konsumsilah sarapan yang rendah lemak, diikuti dengan mengonsumsi buah dan sayur di pagi hari. Tingkatkan konsumsi karbohidrat jenis gandum agar dapat menjaga tingkat energi dan stamina sehingga dapat terus fokus saat bekerja sepanjang hari.

  • Tingkatkan Tidur

Tidak hanya memiliki efek terhadap kondisi fisik, tidur yang cukup memiliki efek positif terhadap kondisi mental. Studi menunjukkan bahwa tidur yang cukup bisa meningkatkan kemampuan mengambil keputusan serta meningkatkan stamina sehingga dapat terus fokus saat bekerja.

  • Kontrol Stres

Stres yang tinggi dapat menghilangkan stamina dan fokus saat bekerja. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol stres adalah dengan melakukan meditasi dan mencoba menghilangkan stress secara perlahan. Apabila Anda merasa jenuh dengan pekerjaan dan masalah Anda, coba lakukan peregangan ringan dan jalan-jalan di sekitar kantor.

0 Komentar

Belum ada komentar