Sukses

Cara Mengatasi Lebam yang Mudah Muncul

Pernahkah Anda mendapati bagian tubuh yang lebam? Apa saja penyebab muncul nya lebam? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

KlikDokter.com - Lebam atau memar merupakan suatu kondisi pada saat pembuluh darah kecil di permukaan kulit pecah dan seringkali disebabkan oleh trauma misalnya terbentur meja. Lebam seringkali muncul di daerah tangan dan kaki. Saat lebam muncul, terjadi perembesan darah yang keluar dari pembuluh darah sehingga menyebabkan warna gelap dari lebam. Ada banyak hal yang dapat memicu mudahnya muncul lebam, misalnya pada wanita maupun pada orang berusia lanjut.

Apa saja yang bisa menyebabkan mudah munculnya lebam?

  • Proses Penuaan

Saat Anda bertambah umur ada dua hal yang dapat terjadi pada kulit Anda, yaitu terjadinya penipisan lapisan kulit pengandung lemak yang berfungsi untuk melindungi Anda, serta berkurangnya produksi kolagen. Dengan menipisnya kulit Anda, maka tentu akan mudah untuk terjadi lebam. Hal ini akan terus meningkat seiring waktu terutama pada usia 60 tahun keatas.

  • Kekurangan vitamin

Beberapa jenis difisiensi nutrisi seperti defisiensi vitamin C dapat menyebabkan mudahnya timbul memar di beberapa bagian tubuh. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk proses penyembuhan luka serta untuk produksi kolagen. Tanda-tanda dari kekurangan vitamin C dapat berupa rasa lelah, depresi, gusi berdarah, sendi bengkak, mimisan serta kulit dan rambut yang kering.

  • Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan anti-koagulasi dan anti-platelet seperti aspirin bisa meningkatkan resiko mudah lebam, bahkan munculnya pendarahan di tubuh seperti mimisan. Hati-hati juga pada penggunaan obat-obatan herbal atau jamu karena dapat mengandung antikoagulasi.

  • Penyakit

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan mudahnya muncul lebam seperti hemophilia, gangguan trombosit, penyakit hati, gangguan fungsi ginjal, dan kanker darah.

Adapun beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi lebam yang terjadi, yakni:

  • Kompres dengan Es

Saat Anda mengalami lebam, Anda dapat mempercepat penyembuhan dengan mengompres lebam tersebut dengan es. Mengompres menggunakan es dapat memudahkan proses konstriksi pada pembuluh darah. Lakukan kompres menggunakan es kurang dari 15 menit setiap jamnya.

  • Tambahkan Nutrisi di Makanan Anda

Konsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti sayur dan buah. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, wortel, lemon, dan sayuran hijau.

  • Konsultasi ke Dokter

Apabila lebam yang muncul di tubuh Anda menjadi semakin banyak, maka lakukanlah konsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan tubuh dan pemeriksaan darah seperti faktor koagulasi untuk mencari penyebab terjadinya lebam pada tubuh Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar