Sukses

Jangan Remehkan Dampak Kekurangan Vitamin

Kekurangan Vitamin Apa saja jenis kekurangan vitamin yang sering terjadi? Dan bagaimana dampaknya untuk tubuh? Baca penjelasan lengkapnya di sini.

KlikDokter.com - Vitamin merupakan sekelompok substansi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu menjaga kelangsungan fungsinya, mulai dari sel hingga organ.

Pada umumnya, terdapat rekomendasi dosis yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat melakukan fungsinya. Namun, banyak sekali individu yang tidak mencapai dosis rekomendasi ini, sehingga terjadi kekurangan vitamin di dalam tubuhnya.

Kekurangan vitamin dapat menimbulkan berbagai gejala, seperti gangguan pencernaan, kulit, pertumbuhan, hingga demensia. Berikut adalah beberapa jenis kekurangan vitamin yang sering terjadi:

  • Kekurangan besi

Besi dibutuhkan tubuh Anda untuk membuat sel darah merah. Saat tubuh kekurangan besi, maka kemampuan tubuh untuk membawa oksigen akan berkurang. Hal ini membuat timbulnya gejala lemas, rambut rontok, dan banyak lagi. Untuk mencegahnya, konsumsilah makanan yang tinggi akan besi seperti daging, kacang-kacangan, serta sayuran hijau.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 dibutuhkan untuk memproduksi DNA dan membantu proses kimia di otak. Gejala yang dapat muncul saat tubuh kekurangan vitamin B12 adalah rasa kesemutan di kaki dan tangan, kesulitan dalam berjalan dan keseimbangan, anemia, rasa lelah, bengkak, gangguan memori, hingga halusinasi. Anda bisa mencegah hal ini dengan mengonumsi makanan sumber B12 seperti ikan, susu, dan yoghurt.

  • Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Gejala yang dapat muncul saat tubuh kekurangan vitamin D adalah rasa lelah ataupun nyeri otot dan kelemahan otot. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kelemahan tulang. Untuk mendapatkan sumber vitamin D, Anda bisa mengonsumsi susu, salmon, dan tuna.

  • Vitamin C

Penyakit yang sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin C adalah skorbut. Skorbut dapat menimbulkan rasa lelah dan lemas, mempengaruhi tulang dan kekuatan otot, serta sistem imunitas tubuh. Gejalanya berupa kekurangan energi, depresi, pendarahan gusi, perubahan suasana hati, mudah memar, hingga anemia. Anda bisa memperoleh sumber vitamin C dari jeruk, anggur, lemon, pepaya, kiwi, rasberi, dan stroberi.  

0 Komentar

Belum ada komentar