Sukses

Cara Menjaga Stamina Agar Tetap Bugar

Meningkatkan stamina merupakan cara yang dapat Anda lakukan apabila Anda tertarik untuk hidup lebih sehat.

KlikDokter.com - Stamina merupakan kekuatan dan energi yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh saat Anda melakukan kegiatan. Stamina sering kali dikaitkan dengan kegiatan olahraga, namun stamina juga dapat diartikan sebagai kemampuan mental yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan atau untuk melalui situasi yang sulit.

Meningkatkan stamina adalah cara yang dapat Anda lakukan apabila Anda tertarik untuk hidup lebih sehat.

Beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk menjaga stamina, di antaranya:

  • Melakukan diet yang seimbang

Makanan merupakan sumber energi tubuh Anda. Diet yang sehat dan seimbang dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat dan berenergi. Pilihlah makanan rendah lemak, sayuran, dan buah dan lemak. Untuk menjaga energi agar tahan lama, Anda juga dapat mengonsumsi karbohidrat seperti gandum.

  • Menjaga hidrasi

Banyak sekali keuntungan dalam mengonsumsi air putih. Air putih dapat membantu mengurangi berat badan, mencegah batu ginjal, serta menjaga stamina Anda dengan melawan lelahnya otot. Apabila Anda ingin melakukan olahraga yang lama, konsumsilah air putih secukupnya sebelum melakukan kegiatan.

  • Istirahat yang cukup

Istirahat di malam hari dapat menjaga stamina Anda, menjaga fokus, serta membuat Anda lebih segar. Sebaiknya Anda tidur selama 7-9 jam dalam sehari. Tidur di bawah 6 jam sering kali dikaitkan dengan beberapa jenis penyakit.

  • Melakukan olahraga

Lakukan olahraga secara rutin. Untuk orang dewasa, sebaiknya Anda melakukan olahraga ringan-sedang selama 150 menit per minggu. Olahraga yang dapat menjadi pilihan adalah aerobik, berlari, berjalan, dansa, dan bersepeda. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan kesukaan Anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar