Sukses

Pulihkan Stamina dengan Tidur Siang

Tidur siang dapat berpengaruh positif terhadap kesehatan orang dewasa, terutama bagi mereka yang merasa kurang tidur.

KlikDokter.com - Tidur siang ternyata bukan hanya untuk anak kecil, lho! Orang dewasa pun bisa menemukan banyak keuntungan dari tidur siang. Beberapa manfaat dari tidur siang di antaranya untuk relaksasi, mengurangi kelelahan, memperbaiki mood serta kinerja.

Pada kondisi seperti apakah di mana tidur siang bisa dipertimbangkan?

  • Apabila Anda merasakan lelah atau kantuk yang tidak seperti biasanya.
  • Apabila Anda kurang tidur, misalnya Anda kerja hingga pagi atau lembur.
  • Apabila Anda ingin tidur siang menjadi kegiatan rutin setiap harinya.

Apabila Anda merasa kurang tidur, maka cara yang paling baik untuk memperbaikinya adalah dengan tidur siang. Pastikan tidur siang hanya sebentar (10 hingga 30 menit), jangan terlalu lama. Power nap atau tidur siang selama 20 menit disebutkan dapat memperbaiki konsentrasi serta kemampuan motorik.

Waktu tidur siang yang paling baik adalah pada jam 2 hingga 3. Jam-jam tersebut adalah waktu di mana Anda biasanya akan merasakan kantuk sehabis makan siang – yang secara langsung bisa mempengaruhi konsentrasi dan performa kerja. Tidur siang di waktu ini juga dikatakan tidak akan mengganggu tidur malam Anda.

Usahakan juga untuk tidur siang di tempat yang tenang, dengan suhu udara yang nyaman dan tidak banyak pengalihan. Dengan cara ini, tidur siang Anda akan menjadi lebih berkualitas. 

0 Komentar

Belum ada komentar