HomeGaya hidupDiet dan NutrisiPentingkah Minum Multivitamin?
Diet dan Nutrisi

Pentingkah Minum Multivitamin?

dr. Dewi Ema Anindia, 01 Sep 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pentingkah Minum Multivitamin? Tidak sedikit yang menyebutkan manfaat multivitamin, meningkatkan energi dan performa serta stamina. Apakah benar? Pentingkah multivitamin?

Pentingkah Minum Multivitamin?

KlikDokter.com – Tidak sedikit tulisan yang mengklaim multivitamin dapat meningkatkan energi, mengurangi stres, memperbaiki performa, hingga mengurangi kerutan di wajah. Apakah hal ini benar? Pentingkah multivitamin?

Pada peneliti menyebutkan bahwa memang ada peran dari multivitamin di diet kita namun fungsi dari multivitamin hanyalah sebagai penambah atau supplement untuk nutrisi yang kurang. Ingatlah bahwa vitamin bukanlah sebagai pengganti makanan namun hanya sebagai penambahs saja.

Saat makanan yang kita konsumsi kurang dan tidak memenuhi nutrisi esensial yang kita butuhkan seperti kalsium, kalium, vitamin D, vitamin B12 dan beberapa jenis vitamin lainnya, Anda boleh mengonsumsi multivitamin. Multivitamin ini bisa Anda konsumsi untuk mengurangi risiko Anda terkena beberapa kondisi penyakit.

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk memutuskan apakah Anda memerlukan vitamin atau tidak.

  • Ingat untuk membeli makanan yang bergizi dan penuh nutrisi yang bervariasi, dari sayuran dan buah yang berwarna hingga susu dan daging.
  • Catatlah makanan yang Anda konsumsi, coba ingat jenis sayuran apa yang sudah Anda konsumsi, atau makanan siang Anda apa hari ni? Nah, dengan mencatat makanan Anda sehari-hari Anda bisa menentukan apakah Anda membutuhkan nutrisi tambahan atau tidak,
  • Saat Anda merasa kurang nutrisi, cobalah konsumsi multivitamin untuk sehari-sehari. Ingat saat membeli multivitamin lihat dosis serta disesuaikan dengan kebutuhan dosisi dalam sehari.

  • Apakah Anda suka mengonsumsi makanan siap saji? Apabila makanan Anda biasanya terdiri dari makanan atau minuman manis, kentang goreng, burger, mengonsumsi multivitamin bukanlah jawaban Anda. Pertama Anda harus merubah jenis makanan yang Anda konsumsi dahulu.
  • Banyak lansia dan anak-anak yang tidak mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup. Tingkatkan konsumsi buah, sayur, susu dan daging. Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin yang mengandung kalsium dan vitamin D.

Nah, sebenarnya siapa saja sih yang membutuhkan vitamin?

  • Wanita menyusui dan wanita hamil
  • Vegetarian
  • Orang-orang yang diet rendah kalori
  • Yang menderita beberapa jenis penyakit seperti kanker
  • Orang-orang yang memiliki alergi makanan
  • Orang-orang yang suka memilih makanan
  • Orang-orang yang mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan

Vitamin dan mineral bisa membantu dalam menambah nutrisi yang kurang dalam diet kita namun ingat bahwa tetap usahakan mendapatkan nutrisi dari berbagai sumber makanan menu sehari-hari Anda dengan sumber nutrisi yang seimbang. 

Sehat Bugar

Konsultasi Dokter Terkait