Diet dan Nutrisi

5 Cara Memilih Multivitamin yang Tepat dan Sesuai dengan Kondisimu

Redaksi KlikDokter, 15 Sep 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saat ini, produk suplementasi multivitamin dan mineral sudah banyak tersedia. Namun, bagaimana cara memilih multivitamin yang baik dan sesuai kebutuhan?

5 Cara Memilih Multivitamin yang Tepat dan Sesuai dengan Kondisimu

Kesehatan merupakan hal yang amat penting, khususnya di masa pandemi ini. Tak heran, bila banyak orang tidak segan merogoh kocek dalam-dalam demi menjaga kesehatannya.

Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan mengonsumsi beragam suplementasi multivitamin. Baik dalam bentuk kapsul, tablet kunyah, maupun sirup.

Suplementasi merupakan produk yang biasa dikonsumsi secara oral (dari mulut) dan mengandung sejumlah nutrien, seperti vitamin, mineral, enzim, probiotik, antioksidan, ekstrak herbal, dan sebagainya.

Saat ini, produk suplementasi multivitamin dan mineral sudah banyak tersedia, bahkan dijual secara bebas.

Lalu, bagaimanakah cara memilih multivitamin dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan? Berikut kiat-kiatnya:

1. Terdaftar Secara Resmi 

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli sebuah produk multivitamin, pastikan suplemen tersebut telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).  

BPOM sendiri telah mengeluarkan sebuah kampanye bagi para konsumen di Indonesia yang dinamakan cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa).

Artinya, pastikan produk yang kamu pilih berada dalam kemasan yang baik, memiliki label yang jelas, izin edar, serta tanggal kedaluwarsa yang tertera dengan jelas.

Kamu juga dapat mengecek nomor registrasi produk tersebut pada laman resmi BPOM untuk memastikan. 

2. Kandungannya Mendekati Kebutuhan Harian

Multivitamin yang bagus mengandung nutrien yang mendekati 100% dari kebutuhan harianmu, tetapi tidak lebih dari itu. Biasanya keterangan ini terdapat dalam kemasan suplemen tersebut.

Mungkin, tidak akan setiap nutrien akan memenuhi 100% dari rekomendasi harian yang diperlukan oleh orang dewasa, mengingat kelebihan mikronutrien pun dapat berdampak buruk bagi tubuh.

Akan tetapi, kamu dapat memilih yang paling mendekati kebutuhan harianmu.

3. Spesifik Sesuai dengan Kondisi Tubuh

Multivitamin diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan vitamin tambahan. Ini dilakukan ketika mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin lewat makanan.

Ada beberapa faktor yang menentukan kebutuhan tubuh secara spesifik, seperti jenis kelamin, usia, serta kondisi lain, misalnya kehamilan.

Faktor-faktor tersebut perlu kamu pertimbangkan sebagai cara memilih multivitamin dan mineral yang tepat.

Misalnya, bila kamu seorang wanita yang belum hamil, kamu mungkin akan memerlukan suplementasi zat besi yang disertai vitamin B12 untuk mencegah anemia.

Sementara bila sedang hamil, suplementasi multivitamin yang mengandung asam folat penting untuk kamu konsumsi.

Pada lanjut usia, suplementasi kalsium akan diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang.

Untuk mengetahui kebutuhanmu secara spesifik, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi multivitamin tertentu.

4. Mengandung Nutrien Esensial

Salah satu tujuan mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrien esensial.

Kebutuhan ini sulit didapatkan dari makanan sehari-hari atau karena kondisi tertentu, misalnya tubuh tidak mampu menyerapnya dengan baik dari makanan.

Beberapa contoh nutrien tersebut, antara lain tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, magnesium, selenium, zinc, dan beberapa vitamin lainnya. 

5. Perhatikan Kandungan Lainnya 

Dalam memilih multivitamin, cara yang tak kalah penting adalah memperhatikan kandungan lain di dalamnya. Misal pewarna, pemanis tambahan, atau senyawa tambahan lain. 

Diskusikan dengan dokter, terutama bila kamu memiliki riwayat alergi terhadap salah satu bahan tersebut. 

Itulah beberapa cara memilih multivitamin dan mineral agar sesuai dan tepat bagi kebutuhanmu. Perlu diingat bahwa multivitamin bersifat suplementasi artinya sebagai tambahan atau pelengkap.

Nah, salah satu multivitamin yang bisa kamu pilih adalah HEVIT-C yang mengandung vitamin C untuk jaga daya tahan tubuhmu. 

HEVIT-C memiliki beberapa varian yang bisa kamu pilih. Pertama HEVIT-C 500 dengan kandungan Pureway C vitamin C 500 mg yang bisa #siapjagaKONDI_C kamu. 

Kamu juga bisa pilih HEVIT-C 1000 yang memiliki kandungan Pureway C vitamin C 1000 mg yang selalu bisa #siapperbaikiKONDI_C kamu. 

Pureway C adalah bentuk vitamin C yang lebih aman dan nyaman di lambung. Selain itu, bentuk vitamin ini lebih mudah diserap tubuh, jadi bisa kamu konsumsi setiap hari. 

Bila kamu punya aktivitas harian yang padat dan sibuk, kamu bisa memilih HEVIT PLUS yang dilengkapi dengan kandungan zinc. Minum HEVIT PLUS 1 kaplet #siapperkuatKONDI_C kamu yang padat. 

Jadi, HEVIT-C atau HEVIT PLUS setiap hari, bisa bantu penuhi kebutuhan vitamin harianmu, menjaga, memperbaiki, dan memperkuat tubuh kamu sehingga tidak mudah sakit.

Selalu penuhi kebutuhan harian gizimu dengan makan sehat dan multivitamin, supaya bisa #JagaSehatmu selalu!

AdvertorialMultivitamin

Konsultasi Dokter Terkait