Sukses

Mau Beli Multivitamin? Baca Ini Dulu!

Saat ini, produk suplementasi multivitamin dan mineral sudah banyak tersedia. Namun, bagaimana cara memilih multivitamin yang baik dan sesuai kebutuhan?

Kesehatan merupakan hal yang amat penting, khususnya di masa pandemi ini. Tak heran, bila banyak orang tidak segan merogoh kocek dalam-dalam demi menjaga kesehatannya.

Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan mengonsumsi beragam suplementasi multivitamin. Baik dalam bentuk kapsul, tablet kunyah, maupun sirup.

Suplementasi merupakan produk yang biasa dikonsumsi secara oral (dari mulut) dan mengandung sejumlah nutrien, seperti vitamin, mineral, enzim, probiotik, antioksidan, ekstrak herbal, dan sebagainya.

Saat ini, produk suplementasi multivitamin dan mineral sudah banyak tersedia, bahkan dijual secara bebas.

Lalu, bagaimanakah cara memilih multivitamin dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan? Berikut kiat-kiatnya:

1. Terdaftar Secara Resmi 

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah produk multivitamin, pastikan suplemen tersebut telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).  

BPOM sendiri telah mengeluarkan sebuah kampanye bagi para konsumen di Indonesia yang dinamakan cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa).

Artinya, pastikan produk yang Anda pilih berada dalam kemasan yang baik, memiliki label yang jelas, izin edar, serta tanggal kedaluwarsa yang tertera dengan jelas.

Anda juga dapat mengecek nomor registrasi produk tersebut pada laman resmi BPOM untuk memastikan. 

Artikel Lainnya: Catat, Ini Obat dan Suplemen yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan!

1 dari 3 halaman

2. Kandungannya Mendekati Kebutuhan Harian

Multivitamin yang bagus mengandung nutrien yang mendekati 100% dari kebutuhan harian Anda, tetapi tidak lebih dari itu. Biasanya keterangan ini terdapat dalam kemasan suplemen tersebut.

Mungkin, tidak akan setiap nutrien akan memenuhi 100% dari rekomendasi harian yang diperlukan oleh orang dewasa, mengingat kelebihan mikronutrien pun dapat berdampak buruk bagi tubuh.

Akan tetapi, Anda dapat memilih yang paling mendekati kebutuhan harian Anda.

3. Spesifik Sesuai dengan Kondisi Anda

Multivitamin diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan vitamin tambahan. Ini dilakukan ketika mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin lewat makanan.

Ada beberapa faktor yang menentukan kebutuhan tubuh Anda secara spesifik, seperti jenis kelamin, usia, serta kondisi lain, misalnya kehamilan.

Faktor-faktor tersebut perlu Anda pertimbangkan sebagai cara memilih multivitamin dan mineral yang tepat.

Misalnya, bila Anda seorang wanita yang belum hamil, Anda mungkin akan memerlukan suplementasi zat besi yang disertai vitamin B12 untuk mencegah anemia.

Sementara bila Anda hamil, suplementasi multivitamin yang mengandung asam folat penting untuk Anda konsumsi.

Pada lanjut usia, suplementasi kalsium akan diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang.

Untuk mengetahui kebutuhan Anda secara spesifik, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi multivitamin tertentu.

Artikel Lainnya: Aktif Kerja Saat Pandemi, Cukupkah Pilihan Suplemen Anda?

2 dari 3 halaman

4. Mengandung Nutrien Esensial

Salah satu tujuan mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrien esensial.

Kebutuhan ini sulit didapatkan dari makanan sehari-hari atau karena kondisi tertentu, misalnya tubuh tidak mampu menyerapnya dengan baik dari makanan.

Beberapa contoh nutrien tersebut, antara lain tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, magnesium, selenium, zinc, dan beberapa vitamin lainnya. 

5. Perhatikan Kandungan Lainnya 

Dalam memilih multivitamin, cara yang tak kalah penting adalah memperhatikan kandungan lain di dalamnya. Misal pewarna, pemanis tambahan, atau senyawa tambahan lain. 

Diskusikan dengan dokter, terutama bila Anda memiliki riwayat alergi terhadap salah satu bahan tersebut. 

Itulah beberapa cara memilih multivitamin dan mineral agar sesuai dan tepat bagi kebutuhan Anda. Perlu diingat bahwa multivitamin bersifat suplementasi artinya sebagai tambahan atau pelengkap.

Sumber utama dari makronutrien dan mikronutrien tetaplah makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang setiap hari.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar