Sukses

7 Asupan Penting Agar Tak Mudah Sakit

Salah satu hal yang paling penting dalam menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Tanpa itu, Anda akan menjadi tidak bertenaga serta mudah sakit.

KlikDokter.com – Tidak ingin mudah sakit? Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan, mulai dari tidur cukup, berolahraga, hingga mengonsumsi makanan yang sehat.

Telah diketahui bahwa beberapa jenis makanan ternyata dapat menambah sistem kekebalan tubuh. Sayangnya banyak dari kita yang tidak senang mengonsumsi sayuran, buah, dan jenis makanan tertentu sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diperlukan kombinasi nutrisi dari berbagai jenis makanan dan bukan hanya satu jenis makanan.

Nah, berikut adalah jenis nutrisi yang sebaiknya Anda konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

7 Asupan Penting Agar Tak Mudah Sakit

Fatigon Spirit

  • Vitamin C

Anda pasti mengetahui hubungan vitamin C dengan sistem imunitas tubuh, namun perlu Anda ketahui bahwa sumber vitamin C bukan hanya dari buah-buahan jenis sitrus. Sayuran hijau seperti bayam dan kale serta stroberi juga banyak mengandung vitamin C.

  • Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E pun dapat menjadi antioksidan yang kuat untuk tubuh agar bisa melawan infeksi. Almon serta kacang-kacangan mengandung banyak vitamin E. Vitamin E juga terkandung di dalam bayam dan brokoli.

  • Vitamin B6

B6 merupakan vitamin yang sangat penting untuk tubuh, karena hampir 200 reaksi biokimia di dalam tubuh memerlukan vitamin jenis ini. Makanan yang tinggi akan kandungan vitamin B6 adalah pisang, ayam, ikan, tuna, kentang serta kacang-kacangan.

  • Vitamin A

Untuk menambah kandungan vitamin A di dalam tubuh, carilah makanan yang berwarna. Makanan yang tinggi akan kandungan karotenoid seperti wortel, kentang dan labu, mengandung banyak vitamin A.

  • Vitamin D

Anda bisa meningkatkan vitamin D Anda dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan seperti ikan (tuna, salmon, sardin) serta beberapa produk susu dan jus buah.

  • Besi

Zat besi dapat membantu tubuh Anda dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kandungan ini terdapat pada berbagai jenis daging seperti daging ayam dan seafood. Juga ditemukan pada kacang-kacangan, brokoli, dan kale.

  • Selenium

Selenium memiliki efek yang kuat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, disebutkan dapat menjaga sel tubuh dari aktivitas berlebihan sel kanker. Anda bisa menemukan kandungan ini pada bawang, brokoli, sardin, tuna, dan kacang-kacangan. 

0 Komentar

Belum ada komentar