Sukses

5 Cara Mengatasi Rasa Lelah Saat Hamil

Jangan sampai kondisi lelah Anda terjadi berlarut-larut. Bacalah penanganannya di sini!

KlikDokter.com - Rasa lelah yang dihubungkan dengan kehamilan bisa beragam jenisnya, mulai dari yang ringan hingga berat. Sering kali rasa lelah ini muncul pada trimester pertama kehamilan, namun terkadang dapat muncul pada trimester ketiga kehamilan.

Namun, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tingkat energi Anda. Yaitu dengan menjaga nutrisi makanan serta mengubah gaya hidup. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Mengonsumsi Makanan yang Tepat

Wanita hamil kira-kira membutuhkan tambahan kalori sebanyak 300 kalori setiap harinya. Makanan yang sebaiknya Anda konsumsi adalah makanan yang terdiri dari sayuran, buah, gandum, susu rendah lemak, serta daging-daging seperti ayam dan ikan. Hindari makanan siap saji dan olahan, karena  dapat membuat Anda semakin lemas. Untuk makanan camilan, konsumsilah buah dan yoghurt.

Berikut kiat lainnya untuk mengatasi mudah lelah ketika masa kehamilan, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

5 Cara Mengatasi Rasa Lelah Saat Hamil

Fatigon Spirit

  • Jaga Hidrasi

Kurangi kafein dan pastikan Anda minum air putih yang cukup. Apabila mengonsumsi air putih membuat Anda terlalu sering buang air kecil pada malam hari, hindari konsumsi air putih terlalu banyak sebelum tidur.

  • Berolahraga

Lakukan olahraga ringan-sedang secara rutin, misalnya jalan kaki. Kegiatan ini bisa membuat Anda merasa lebih berenergi. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga apa pun.

  • Istirahat

Coba tidur lebih awal pada malam hari agar Anda merasa segar. Biasakan juga untuk tidur siang selama 15 menit. Tidur siang sebentar bisa membuat perubahan yang baik untuk tubuh.

  • Berpikir Positif

Rasa lelah juga bisa dipicu karena pikiran. Terlalu banyak mengkhawatirkan sesuatu tidak pernah baik untuk tubuh. Sering-seringlah memanjakan diri Anda dengan melakukan hal-hal menyenangkan, seperti menonton konser musik atau berkumpul bersama teman-teman.

Apabila Anda merasakan lemas yang berlebihan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Beberapa penyakit selama kehamilan seperti anemia dan hipotiroid juga bisa menyebabkan rasa lelah. 

0 Komentar

Belum ada komentar