Sukses

5 Cara Agar Tidak Mudah Sakit Saat Puasa

5 Cara Agar Tidak Mudah Sakit Saat Puasa. Berpuasa harus membuat Anda lebih aktif serta serius dalam menjaga kesehatan. Jangan sampai daya tahan menurun sehingga Anda mudah sakit.

KlikDokter.com - Perubahan pola hidup selama berpuasa tentu akan mempengaruhi kinerja tubuh. Bayangkan saja, dari pagi hari hingga magrib Anda tidak memperoleh asupan nutrisi apa pun. Anda mungkin juga menjadi segan untuk berolahraga. Oleh karena itu, Anda harus lebih serius dalam menjaga kesehatan ketika berpuasa.

Lantas, bagaimana cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh saat puasa? Bacalah kiat-kiat di bawah ini untuk penjelasan lengkapnya:

  • Mengonsumsi Makanan Bergizi

Usahakan agar lima zat gizi ini tersedia dalam hidangan sahur dan berbuka Anda, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pada saat sahur pilihlah makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah secara lambat namun tahan lama, seperti nasi merah, ubi, kacang hijau, pisang, dan apel. Agar lebih mengenyangkan, perbanyak porsi sayur dan buah yang mengandung banyak serat.

  • Mengatur Waktu Olahraga

Anda bisa menjalankan olahraga pagi sehabis sahur atau berbuka puasa. Pada waktu-waktu tersebut, tubuh memiliki sumber energi yang optimal yang berasal dari makanan saat sahur dan berbuka. Penting diingat untuk membatasi intensitas olahraga Anda. Misalnya, apabila Anda biasa mengangkat beban saat berolahraga coba ditukar dengan yoga. Namun jika memang Anda butuh untuk berolahraga berat, Anda bisa melakukannya setelah berbuka puasa.

Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

1 dari 2 halaman

5 Cara Agar Tidak Mudah Sakit Saat Puasa

Fatigon Spirit

  • Tidur yang Cukup

Terlalu banyak tidur dan terlalu sedikit tidur dapat menimbulkan rasa lelah. Tidurlah selama 7-8 jam dalam sehari. Sebaiknya Anda langsung tidur setelah tarawih, agar Anda merasa segar saat bangun sahur. Lebih baik lagi apabila Anda bisa tidur sebentar pada siang hari.

  • Mencuci Tangan

Cara yang mudah untuk mencegah tertularnya penyakit adalah dengan mencuci tangan sebelum mengambil makanan buka puasa. Gunakan sabun yang bersih dan lakukan minimal 20 detik.

  • Mengonsumsi Vitamin

Bila Anda merasa menu berbuka puasa Anda kurang nutrisi, konsumsilah multivitamin saat sahur. Dengan cara ini, sistem imunitas tubuh Anda akan meningkat. Beberapa jenis vitamin yang penting untuk melawan penyakit adalah selenium, vitamin (A, C, D, E), seng, dan magnesium. Selain itu, vitamin B1, B6, dan B12 juga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap segar saat beraktivitas pada siang hari.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

0 Komentar

Belum ada komentar