Sukses

Cara Mengatur Olahraga Selama di Bulan Puasa

Pada prinsipnya olahraga masih dapat dilakukan selama bulan puasa. Namun diperlukan beberapa cara untuk mengaturnya, agar olahraga tidak berdampak pada kelelahan dan mengganggu ibadah puasa Anda. Berikut kiat dari dr. Dewi Ema Anindia di sini.

KlikDokter.com - Selama bulan Ramadhan, hampir seluruh muslim di dunia akan menjalani puasa. Puasa ini akan berlangsung dari subuh hingga maghrib, dimana selama masa itu tidak akan ada konsumsi minuman atau makanan.

Puasa biasanya berlangsung antara 8 hingga 10 jam. Pada normalnya untuk mendapatkan sumber energi tubuh akan membakar gula darah yang berasal dari karbohidrat yang ada di dalam otot dan hati untuk sumber energi, pada saat puasa akan terjadi perubahan dimana tubuh akan merubah gula menjadi lemak dan menjadi sumber energi. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi selama puasa terutama ketika Anda ingin berolahraga ketika puasa.

Masih bolehkah Anda berolahraga selama puasa? Penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Cara Mengatur Olahraga Selama di Bulan Puasa

Fatigon Spirit

Sebenarnya berolahraga ketika puasa masih boleh dilakukan dan menurut beberapa ahli apabila memang Anda secara rutin melakukan olahraga maka Anda sangat dianjurkan untuk berolahraga ketika puasa. Tak dapat dipungkiri, pun kekurangan jumlah gula darah dan kurangnya cairan tubuh ketika berpuasa dapat membuat kita merasa lebih lemas dibandingkan biasanya.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika Anda memtuskan berolahraga saat puasa adalah:

  • Batasi Intensitas Olahraga Anda

Saat kita puasa tubuh secara alami akan menjadi kurang aktif karena ada pengurangan energi yang kita dapatkan dari sumber makanan. Oleh karena itu sangatlah penting untuk membatasi intensitas olahraga Anda. Misalnya, apabila Anda biasa mengangkat beban saat berolahraga coba ditukar dengan olahraga yoga. Namun apabila memang Anda butuh untuk olahraga berat, Anda bisa melakukannya setelah berbuka puasa.

  • Atur Waktu Berolahraga

Anda bisa menjalankan olahraga pagi hari sehabis sahur, atau setelah buka puasa apabila Anda berencana olahraga berat, oleh karena pada waktu-waktu tersebut tubuh memiliki sumber energi yang optimal yang berasal dari makanan saat sahur dan buka. Berolahraga selama waktu puasa terkadang akan menimbulkan kelelahan bahkan pada beberapa kasus bisa menyebabkan dehidrasi.

  • Pengaturan Makanan

Selama Anda berpuasa ingat untuk mengonsumsi air putih yang banyak ketika Anda sahur dan berbuka puasa, terutama bagi Anda yang berencana melakukan olahraga selama puasa. Ingat juga untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak saat berbuka puasa. Makanan yang Anda konsumsi juga harus mengandung karbohidrat dan protein yang seimbang.

Hal lain yang sangat penting lagi adalah ubah jam olahraga Anda menjadi waktu dimana Anda merasa paling energik. Saat Anda merasa paling berenergi tentu olahraga yang Anda lakukan lebih bermakna dibandingkan apabila Anda memaksakan olahraga di waktu saat Anda merasa lemas. Selamat Mencoba!

0 Komentar

Belum ada komentar