Kesehatan Mental

Bagaimana Mengukur Kesehatan Jiwa Anda?

dr. Dina Kusumawardhani, 18 Mei 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Manusia merupakan satu kesatuan yang utuh. Karenanya, tubuh yang sehat tidaklah cukup, diperlukan jiwa yang juga sehat untuk menunjang kualitas hidup yang baik.

Bagaimana Mengukur Kesehatan Jiwa Anda?

KlikDokter.com - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan dicari semua orang. Tanpa kesehatan yang baik, kualitas hidup manusia akan menurun dan menimbulkan gangguan dalam melaksaknakan aktivitas sehari-hari. Tahukah Anda apa sebenarnya definisi sehat? Apakah bebas dari penyakit saja bisa disebut sehat?

Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan merupakan suatu keadaan yang sehat secara fisik, mental, dan sosial serta bukan hanya bebas dari penyakit. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan individu, seperti faktor genetik, lingkungan, pendidikan, ekonomi, gaya hidup, dan sebagainya.

Faktor psikologis ternyata berperan penting dalam menentukan status kesehatan manusia.

Kesehatan mental menurut WHO merupakan suatu kondisi ketika seorang individu memahami betul kemampuan dan keterbatasan yang dimiliki olehnya, dapat mengatasi masalah/stres, bisa bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk masyarakat.

Kesehatan mental sangat fundamental bagi manusia agar mampu berpikir, menunjukkan emosi, berinteraksi dengan sesama, bekerja, serta menikmati hidup.

Apa saja tanda-tanda seseorang memiliki mental yang sehat?

Halaman berikutnya selengkapnya.

Bagaimana Mengukur Kesehatan Jiwa Anda?

Fatigon Spirit

Sehat secara emosi

Merasa puas terhadap apa yang ada pada dirinya, bahagia, menyenangkan, tenang, dan dapat mengontrol diri.

Sehat secara psikologis

Menerima segala kekurangan yang ada pada dirinya, optimis, memiliki tujuan dalam hidup, membuka diri terhadap pengalaman baru, dan memiliki landasan spiritual yang baik.

Sehat secara sosial

Diterima dengan baik dalam kehidupan sosial, mudah bergaul dan membangun hubungan yang baik dengan orang lain, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Bebas dari mental illness

Mental illness merupakan suatu penyakit yang menyebabkan perubahan pada cara berpikir, mood, serta perilaku. Contohnya adalah depresi, gangguan cemas, skizofrenia, bipolar, alzheimer, retardasi mental, dan lain-lain.

StressakitjiwabunuhDiriSosial & LingkunganDepresi

Konsultasi Dokter Terkait