HomeGaya hidupSeksHubungan Seks yang Sehat Mempengaruhi Kedekatan Emosional
Seks

Hubungan Seks yang Sehat Mempengaruhi Kedekatan Emosional

dr. Dewi Ema Anindia, 15 Mei 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hubungan seksual yang sehat merupakan salah satu komponen penting dalam menjaga keterikatan emosi dengan pasangan.

Hubungan Seks yang Sehat Mempengaruhi Kedekatan Emosional

KlikDokter.com – Hubungan seksual yang baik dengan pasangan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa efeknya adalah membantu tubuh tidak mudah sakit, membakar kalori, membuat tidur lebih baik, serta menghilangkan stres. Lalu, apakah yang dimaksud dengan hubungan seksual yang baik dan sehat?

Hubungan seksual yang sehat adalah hubungan yang disetujui oleh kedua pihak tanpa paksaan. Jika terjadi paksaan, maka terdapat permasalahan yang perlu diselesaikan karena bukan suatu hal yang wajar.

Manfaat lain dari hubungan seksual yang sehat adalah kesehatan emosional Anda ataupun hubungan emosional Anda dengan pasangan Anda. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa hubungan seksual yang kurang baik dengan pasangan dapat menimbulkan perasaan frustrasi terhadap pasangan atau diri sendiri, depresi, hilangnya kepercayaan diri hingga berkurangnya konsentrasi dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Hubungan Seks yang Sehat Mempengaruhi Kedekatan Emosional

Fatigon Spirit

Kepuasan seksual juga terkait dengan kestabilan hubungan emosional. Pasangan yang kuat secara emosional, biasanya memiliki hubungan seksual yang memuaskan. Sedangkan pada pasangan yang hubungan seksualnya kurang baik, sering mengeluhkan kurangnya komunikasi yang terkadang berakhir dengan perceraian.

Kehidupan seksual yang tidak menyenangkan tentu akan mempengaruhi keseharian pasangan suami-istri, terutama yang sedang berusaha memperoleh keturunan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu mengetahui faktor penyebabnya terlebih dulu, atau bisa juga mendiskusikan permasalahan Anda kepada dokter. 

EmosisehattubuhSeksSex & Relationship

Konsultasi Dokter Terkait