Sukses

Apakah Pria dan Wanita Membutuhkan Multivitamin yang Berbeda?

Karena pria dan wanita membutuhkan nilai yang berbeda dari vitamin tertentu, perlukah membedakan asupan suplemen nutrisi satu sama lain? Selengkapnya disini.

Klikdokter.com – Multivitamin adalah suatu suplemen yang terdiri dari berbagai macam vitamin, dan terkadang dilengkapi dengan mineral tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kebanyakan multivitamin yang dijual dikhususkan untuk manfaat kesehatan tertentu, seperti kesehatan bagian-bagian tertentu dari tubuh atau untuk mendukung perubahan yang terjadi selama kehamilan atau penuaan.

Karena pria dan wanita membutuhkan nilai yang berbeda dari vitamin tertentu, multivitamin yang dipasarkan pun ada yang dikategorikan khusus untuk pria dan wanita. Namun ada juga multivitamin yang dapat dikonsumsi oleh pria maupun wanita, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Multivitamin untuk Wanita

Multivitamin yang diformulasikan untuk wanita dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi wanita. Dengan bertambahnya usia wanita, kebutuhan untuk mineral tertentu dan vitamin menjadi meningkat. Hal ini juga berlaku untuk wanita hamil dan yang sedang mengalami menstruasi. Karenanya, pria dan wanita membutuhkan dosis yang berbeda untuk kalsium, zat besi, dan vitamin B-kompleks seperti asam folat.

Multivitamin untuk Pria

Peningkatan kebutuhan akan jenis vitamin khusus tidak hanya dialami oleh wanita. Dalam kondisi tertentu, pria juga dapat mengalami peningkatan kebutuhan akan vitamin atau mineral spesifik. Misalnya dalam kondisi anemia akibat kekurangan zat besi, serta kondisi kekurangan kalsium. Oleh sebab itu ada kalanya multivitamin khusus perempuan dapat digunakan untuk pria.

Sebelum Anda mengonsumsi vitamin tambahan, sebaiknya Anda mengecek tiga hal penting ini:

1 dari 2 halaman

3 Hal Penting Sebelum Mengkonsumsi Suplemen

Fatigon Spirit

Sebelum Anda mengonsumsi vitamin tambahan, sebaiknya Anda mengecek tiga hal penting ini:

  • Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memang membutuhkan vitamin tambahan dalam keseharian
  • Perhatikan kadar vitamin tambahan yang Anda konsumsi, beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, D, dan E dapat memberikan efek samping bila kadarnya melebihi dosis anjuran
  • Selalu berhati-hati jika Anda ingin mengonsumsi vitamin tambahan ketika sedang dalam perawatan obat-obat tertentu. Beberapa jenis vitamin dapat mengganggu fungsi kerja obat dalam tubuh

0 Komentar

Belum ada komentar