Sukses

Benarkah Suplemen Vitamin Bisa Membuat Kecanduan?

Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun, beberapa orang menolak mengonsumsi vitamin tambahan karena dianggap dapat membuat kecanduan. Benarkah demikian?

Klikdokter.com - Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Banyak orang mengonsumsi vitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mendapatkan nutrisi yang tidak bisa mereka peroleh dari makanan sehari-hari. Namun, beberapa orang menolak mengonsumsi vitamin tambahan karena dianggap dapat membuat kecanduan. Benarkah demikian?

Suplementasi vitamin bukanlah pengganti makanan, karena sebenarnya tidak ada yang dapat menggantikan nutrisi dari makanan utuh.

“Vitamin dapat mengisi kesenjangan gizi pada menu Anda, tetapi kekuatan utama tetaplah ada pada piring Anda dan bukan pil,” ujar Roberta Anding, MS, RD dari American Dietetic Association.

Oleh sebab itu, jika nutrisi-nutrisi Anda tidak terpenuhi lewat makanan, suplementasi vitamin dapat membantu kekurangan gizi tersebut.

Sejumlah penelitian menunjukkan efektifnya suplementasi vitamin untuk tubuh. Sebagai contoh: A National Institutes of Health (NIH) menemukan peningkatan kepadatan tulang pada perempuan usia lanjut yang mengonsumsi kalsium dan vitamin D tambahan.

Jika Anda berhenti mengonsumsi vitamin dan merasa lemas, itu tidak berarti Anda kecanduan. Yang sebenarnya terjadi adalah kebutuhan nutrisi Anda tidak mencukupi sehingga Anda menjadi tidak bertenaga.

Sebelum Anda mengonsumsi vitamin tambahan, sebaiknya Anda mengecek tiga hal penting ini:

  1. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memang membutuhkan vitamin tambahan dalam keseharian
  2. Perhatikan kadar vitamin tambahan yang Anda konsumsi, beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, D, dan E dapat memberikan efek samping bila kadarnya melebihi dosis anjuran
  3. Selalu berhati-hati jika Anda ingin mengonsumsi vitamin tambahan ketika Anda sedang berada dalam perawatan obat-obat tertentu. Beberapa jenis vitamin dapat mengganggu fungsi kerja obat dalam tubuh

Selain makan-makanan yang sehat, multivitamin juga perlu dikonsumsi untuk membuat tubuh tetap segar. Terutama jika setiap hari Anda menjalani aktivitas yang berat dan padat, sehingga tidak memungkinkan untuk berolahraga secara rutin.

Anda bisa mencoba Fatigon Spirit, multivitamin yang bermanfaat untuk menjaga stamina dan tenaga karena mengandung:

  • BCAA
  • Nano Ginseng
  • L-Carnitine
  • Guaranine
  • Vitamin B1 dan B6
  • Vitamin B12

Apa saja kelebihan Fatigon Spirit dibandingkan multivitamin lainya?

Hasil uji membuktikan bahwa Nano Ginseng dua kali lebih cepat diserap tubuh dibandingkan kandungan ginseng yang ada pada multivitamin lainnya. 

Manfaat Fatigon Spirit:

  • Fatigon Spirit mengandung L-Carnitine yang berguna untuk pembakaran lemak dalam metabolisme tubuh, yang kemudian diubah menjadi energi
  • Fatigon Spirit mengandung BCAA untuk membantu pembentukan protein dalam tubuh
  • Fatigon Spirit mengandung Nano Ginseng Extract yang bekerja lebih cepat dibandingkan gingseng biasa untuk memelihara stamina tubuh (hasil uji vitro dan in vivo)
  • Fatigon Spirit, berperan dalam memulihkan stamina tubuh dengan merangsang proses metabolisme dan penghantaran impuls syaraf sehingga tubuh terasa segar dan berenergi

0 Komentar

Belum ada komentar