Sukses

Cara Menyeimbangkan Antara Pekerjaan dan Kehidupan

Sulit mendapatkan waktu luang untuk bersantai? Mulailah menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda dengan tips berikut.

Jika Anda merasa sulit membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, Anda tidak sendiri. Sebagian besar orang bahkan mengambil jatah waktu liburan untuk bekerja. Coba pikirkan, kapan terakhir kali Anda menggunakan cuti untuk liburan?

Menurut psikolog Robert Brooks, pengarang buku The Power of Resilience: Achieving Balance, Confidence, and Personal Strength in Your Life, banyak yang kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Karena takut dipecat, mereka bekerja keras hingga lupa waktu untuk menikmati hidup.

Padahal, work-life balance diperlukan agar kesehatan Anda terjaga sehingga produktivitas Anda saat bekerja terus meningkat. Yuk, lakukan beberapa upaya untuk memperoleh hidup yang seimbang berikut ini:

1 dari 5 halaman

1. Membuat Jadwal

Tips hidup seimbang yang pertama adalah membuat jadwal kegiatan yang akan dilakukan. Meski terkesan sepele, hal ini dapat menjadi salah satu upaya mencapai work-life balance, lho.

Ketika Anda membuat jadwal mingguan, pastikan ada waktu untuk keluarga, teman, dan aktivitas untuk relaksasi pikiran dan fisik. Ketika Anda meluangkan waktu dan jadwal, matikan smartphone Anda dan nikmati kebersamaan.

Anda juga bisa bangun lebih pagi, misalnya tiga jam sebelum pergi bekerja, sehingga Anda punya waktu berolahraga atau bercengkrama sebentar bersama keluarga.

Artikel Lainnya: Mengapa Anda Harus Menunda Pekerjaan Saat Sakit?

2. Gunakan Waktu Sebaik-baiknya

Banyak orang membuang banyak waktu ketika jam kerja, seperti menggosip atau merokok. Bila ingin memperoleh work-life balance, coba lakukan beberapa hal ini:

  • Datanglah tepat waktu.
  • Ketika jam kerja, fokuslah pada penyelesaian pekerjaan.
  • Jangan membuang waktu membuka dan membaca status di media sosial.

Dengan tips hidup seimbang di atas, niscaya hidup dan pekerjaan Anda akan menjadi lebih seimbang. 

2 dari 5 halaman

3. Sediakan Waktu untuk Beribadah

Karena padatnya aktivitas, sering kali Anda melupakan waktu untuk beribadah. Padahal, dengan menyediakan waktu untuk berdoa dan beribadah, kualitas hidup Anda akan meningkat dan hidup seimbang juga bisa Anda dapatkan.

4. Cintai Pekerjaan Anda

Tips agar hidup seimbang lainnya adalah cintailah pekerjaan Anda. Pasalnya, dengan mencintai pekerjaan, Anda akan melakukannya dengan sepenuh hati. Bekerja dengan senang hati akan membuat pekerjaan tidak terasa begitu berat dan menjadi beban pikiran.

3 dari 5 halaman

5. Hindari Menunda Pekerjaan

Ketika pekerjaan sedang sedikit atau deadline pekerjaan masih lama, sering kali Anda menunda untuk mengerjakannya. Hal ini bisa mengubah jadwal yang telah Anda buat sehingga work-life balance Anda terganggu.

Selain itu, setelah mendekati tanggal deadline, pekerjaan justru semakin banyak sehingga dapat membuat Anda semakin stres. Anda pun terpaksa mengorbankan waktu istirahat dan refreshing Anda agar dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Artikel Lainnya: Stres karena Pekerjaan? Jangan Sungkan Ungkapkan pada Atasan

6. Konsumsi Makanan Sehat

Saat dihadapkan dengan kesibukan, Anda hanya memilih makanan yang ‘asal lezat’, tanpa memperhatikan keseimbangan gizi dan jumlah kalori yang masuk.

Padahal, pilihan makanan yang Anda konsumsi dapat membantu Anda agar tetap sehat dan produktif setiap harinya. Jika tidak memperoleh asupan yang tepat, Anda justru bisa menjadi mudah sakit dan tidak produktif sehingga usaha untuk memperoleh hidup seimbang juga terganggu.

4 dari 5 halaman

7. Berolahraga

Memang sulit meluangkan waktu sibuk Anda untuk berolahraga. Namun, manfaat berolahraga juga banyak untuk meningkatkan energi dan fokus ketika bekerja. Aktivitas fisik ini juga membantu hidup Anda seimbang.

Cobalah untuk berolahraga minimal satu jam setiap harinya untuk menambah semangat bekerja Anda.

8. Relaksasi

Tips hidup seimbang yang terakhir adalah relaksasi. Jangan berasumsi kalau Anda harus melakukan perubahan yang drastis untuk membagi waktu. Cobalah memulai hal-hal yang realistis, seperti pulang tepat waktu satu hari dalam seminggu. 

Membangun aktivitas secara pelan-pelan sangat penting untuk Anda lakukan. Anda bisa saja menghabiskan waktu satu jam setiap minggunya untuk melakukan hobi atau pergi bersama-sama keluarga.

Bahkan, dianjurkan pula untuk mengambil waktu 10-15 menit untuk mengisi ulang tubuh Anda dengan aktivitas, seperti berendam, membaca, mendengarkan musik, atau apa pun yang bisa memicu semangat hidup Anda.

Demikian beberapa tips hidup seimbang yang bisa Anda terapkan. Mulailah untuk memahami pentingnya menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Sebab, work-life balance dapat membantu Anda lebih produktif dan meningkatkan kesehatan. 

Informasi menarik lainnya seputar gaya hidup sehat bisa Anda dapatkan di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter secara langsung lewat layanan Live Chat 24 jam. Jangan lupa unduh aplikasinya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar