Sukses

4 Cara Menyeimbangkan Kerja dan Hidup

Berikut ini adalah 5 upaya yang bisa Anda lakukan supaya hidup Anda lebih seimbang dengan kepenatan kerja. Simak selengkapnya bersama dr. Dyah Novita Anggraini disini.

Klikdokter.com - Jika Anda menemukan sulitnya membagi waktu antara pekerjaan dan hidup, Anda tidak sendiri. Bahkan waktu liburan yang seharusnya dipakai untuk bersantai, Anda malah memakainya untuk bekerja. Coba pikirkan, kapan terakhir kali Anda menggunakan cuti untuk liburan?

“Banyak orang yang mengalami kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan hidup karena takut dipecat. Makanya kita selalu bekerja keras hingga lupa waktu untuk menikmati hidup,” menurut psikologi Robert Brooks, pengarang buku The Power of Resilience: Achieving Balance, Confidence, and Personal Strength in Your Life.

Berikut adalah 5 upaya yang bisa Anda lakukan supaya hidup Anda lebih seimbang:

1.    Membuat Jadwal

Ketika Anda membuat jadwal mingguan, pastikan ada waktu untuk keluarga, teman, dan aktivitas untuk rileksasi pikiran dan fisik. Ketika Anda meluangkan waktu dan jadwal, matikan smartphone Anda dan nikmati kebersamaan.

Atau Anda bisa bangun lebih pagi 3 jam sebelum pergi bekerja sehingga Anda punya waktu berolahraga atau bercengkrama sebentar bersama keluarga.

1 dari 2 halaman

Tips Gaya Hidup Seimbang

2. Gunakan waktu sebaik-baiknya

Banyak orang membuang banyak waktu ketika jam kerja seperti menggosip atau merokok. Coba lakukan hal ini: datanglah tepat waktu. Ketika jam kerja, fokus pada penyelesaian pekerjaan, jangan membuang waktu membuka dan membaca status di media sosial.  

3. Berolahraga

Memang sulit meluangkan waktu sibuk kita untuk berolahraga. Tapi manfaat berolahraga juga banyak untuk meningkatkan energi dan fokus ketika bekerja. Cobalah untuk berolahraga minimal satu jam setiap harinya untuk menambah semangat bekerja Anda.

4. Rileksasi

Jangan beramsumsi kalau Anda harus melakukan perubahan yang drastis untuk membagi waktu. Cobalah memulai hal-hal yang realistis seperti pulang tepat waktu satu hari dalam seminggu. 

Membangun aktivitas secara pelan-pelan sangat penting untuk Anda. Anda bisa saja menghabiskan waktu satu jam setiap minggunya untuk hobi atau pergi bersama-sama keluarga.

Bahkan, dianjurkan pula untuk mengambil waktu 10 – 15 menit untuk mengisi ulang tubuh Anda seperti berendam, membaca, mendengarkan musik atau apapun yang bisa memicu semangat hidup Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar