Sukses

Pentingnya Suplemen Vitamin untuk Tubuh

Mengapa kita butuh suplemen vitamin? Apakah perlu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita sehari-hari? Simak selengkapnya disini bersama dr. Dyah Novita Anggraini.

Klikdokter.com - Vitamin adalah nutrisi esensial untuk kesehatan tubuh. Meskipun banyak orang mendapatkan vitamin dari makanan, ternyata terdapat jutaan orang di seluruh dunia yang mengonsumsi suplemen untuk mendapatkan vitamin yang mereka butuhkan.

Mengapa kita butuh suplemen?

Ada banyak alasan bagus untuk mengonsumsi suplemen vitamin seperti multivitamin. Menurut American Academy of Family Physicians, dokter akan merekomendasi Anda mengonsumsi multivitamin bila Anda:

·         Memiliki riwayat kesehatan yang khusus

·         Vegetarian

·         Hamil atau menyusui

Fakta tentang Vitamin

Tubuh Anda menggunakan vitamin untuk berbagai proses biologis, seperti pertumbuhan, pencernaan, dan fungsi saraf. Total ada 13 vitamin yang dibutuhkan tubuh. Ada dua kategori umum tentang vitamin:

  • Water-soluble vitamin adalah vitamin yang larut dalam air, sehingga mudah diserap tubuh. Karena larut dalam air maka jenis vitamin ini mudah diserap tubuh dan tidak dapat disimpan lama di dalam tubuh. Ginjal nantinya akan membuang vitamin yang tidak dibutuhkan.

  • Fat-soluble adalah vitamin yang larut di dalam lemak. Penyerapannya menggunakan asam bile, atau cairan yang digunakan untuk menyerap lemak. Tubuh akan menyimpan vitamin jenis ini dan akan digunakan bila dibutuhkan.

1 dari 2 halaman

Memilih Suplemen Vitamin yang Aman

Saat membeli suplemen vitamin yang aman, mayoritas ahli kesehatan menganjurkan untuk selalu memperhatikan bahan yang tercantum di label. Mayoritas suplemen jaman sekarang tak hanya mengandung vitamin dan mineral tapi juga herbal, enzim, dan asam amino. Sebelum memilih suplemen yang tepat, temuilah dokter untuk meminta saran.

Pertimbangkan tips di bawah ini sebelum membeli suplemen vitamin:

  • Jangan mudah percaya pada iming-iming iklan.

  • Perhatikan dosisnya. Beberapa produk sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  • Berhati-hatilah pada pernyataan di label obat seperti: Aman, cepet menyembuhkan, alami, dan tidak memiliki efek samping.

0 Komentar

Belum ada komentar