Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiDiet Berkualitas Sehat
Diet dan Nutrisi

Diet Berkualitas Sehat

Klikdokter, 03 Jul 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Diet Berkualitas Sehat. Diet adalah cara mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan tubuh. Postur tubuh ideal inilah yang menjadi salah satu ciri tubuh yang sehat. Tubuh yang terlalu kurus maupun yang terlalu gemuk, keduanya merupakan faktor risiko terja

Diet Berkualitas Sehat

KLIKDOKTER.COM ā€“ Penting untuk diketahui bahwa diet dilakukan tidak hanya sekedar mendapatkan postur tubuh yang ideal. Diet adalah cara mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan tubuh. Postur tubuh ideal inilah yang menjadi salah satu ciri tubuh yang sehat. Tubuh yang terlalu kurus maupun yang terlalu gemuk, keduanya merupakan faktor risiko terjadinya penyakit.

Penelitian dari American Dietetic Association, mengungkapkan, agar melakukan diet dengan sehat dan tepat. Diet sehat dengan makanan sehat tidak hanya mencakup pemilihan jenis makanan tetapi menkonsumsinya dengan waktu yang tepat. Agar tubuh dan pikiran saat diet tetap terjaga, serta mendapatkan asupan gizi yang cukup, berikut adalah syarat dasar diet sehat dan tepat;

  1. Tidak menyingkirkan golongan makanan tertentu
  2. Banyak orang melakukan diet dengan menyingkirkan makanan tertentu yang dianggap sebagai musuh diet. Padahal tubuh tetap membutuhkan keseimbangan nutrisi sekalipun saat diet. Baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, air dan oksigen sangat penting artinya buat tubuh kita.
  3. Tetap memperhatikan kebutuhan tubuh terhadap protein dan lemak
  4. Tubuh membutuhkan 30gram protein dalam sehari. Protein digunakan oleh tubuh untuk pembentukan dan pertumbuhan sel-sel tubuh. Tidak ada salahnya memakan daging, susu, padi-padian dan kacang-kacangan selama tidak berlebihan. Perhatikan jumlah lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu 50 gram sehari. Tidak semua lemak itu jahat. Selain itu, banyak nutrisi yang bisa diserap tubuh jika terlarut dalam lemak.
  5. Jangan makan hanya pada saat lapar
  6. Makan saat lapar, ini adalah kaprah pola diet yang salah. Diet sehat tetap menganjurkan makan secara teratur dengan menu dan porsi cukup, agar perut tidak kosong sekali, dan kaget saat diberi makan pada waktu lapar.

Artikel Lainnya: Menu Diet Seminggu untuk Turunkan Berat Badan

Jika menginginkan diet yang sehat, ada beberapa cara, diantaranya;

  1. Kenali tubuh sendiri
  2. Berhenti membandingkan dengan tubuh teman-teman yang langsing, karena setiap orang dilahirkan berbeda. Namun, dengan mengenal cara kerja tubuh sendiri, maka akan lebih mudah untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh.
  3. Makan secara teratur dengan menu dan porsi yang cukup
  4. Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang, hal ini akan membuat tubuh terbiasa dengan pola makan sehat dan teratur.
  5. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur
  6. Orang langsing rata-rata makan lebih dari satu sajian buah dan makan lebih banyak serat dan kurang lemak dibanding orang-orang gemuk. Itu hasil dari penelitian yang dipublikasikan di Journal of the Amerian Dietetic Association.
  7. Jangan lupa sarapan pagi
  8. Mulailah hari dengan menu dan posri sarapan yang cukup. Ini akan membantu mengurangi asupan kalori di sepanjang sisa hari.
  9. Perbanyak minum air putih
  10. Cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter per hari
  11. Rutin berolahraga
  12. Berolahraga dipagi hari 10-15 menit sangat dianjurkan untuk diet sehat. Lakukan dengan olahraga sederhana saja seperti pemanasan atau peregangan.[](SN)

makanan dietBugarsehatDietWhat To Eat

Konsultasi Dokter Terkait