Sukses

Perawatan Rambut Berjilbab

Rambut yang berkerudung memang memerlukan penanganan khusus karena akan lebih mudah menyebabkan kelembaban yang tertahan dengan penumpukan minyak dan keringat yang juga dapat menyebabkan munculnya aroma tidak sedap dan lepek.

Oleh: dr. Jessica Florencia - KLIKDOKTER.com

Tanya:

Saya menggunakan hijab sejak lulus SD dan sekarang saya duduk di bangku kuliah semester 3. Sejak kecil saya mempunyai rambut yg panjang sampai pinggul. Setiap saya menyisir rambut selalu rontok, saya anggap itu wajar. Namun sejak di bangku SMA makin lama saya jarang sisiran karena saya beranggapan bahwa saya berhijab dan tidak akan ada yg melihat rambut saya. Lalu, sekitar bulan juni saya terserang sakit yang menyebabkan saya tidak menyisir rambut seminggu lamanya. Rambut saya menjadi sangat kusut, dan ketika disisir rontok nya sangat amat banyak dan membuat rambut saya tipis drastis. Sejak kejadian tersebut saya rambut saya menjadi semakin tipis dan ketika rambut saya diikat, kulit kepala saya makin banyak yg terlihat. Yang ingin saya tanyakan, apakah kerontokan rambut saya ini disebabkan saya yg jarang menyisir rambut atau karena kebiasaan saya tidur dini hari dan bangun siang hari (tidur lebih 11jam)? Atau mungkin ada masalah yg lainnya dok? Mohon bantuannya ,Dok

Jawab:

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  

Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Karena Anda baru saja mengalami sakit, maka nampaknya kerontokan rambut Anda salah satunya disebabkan karena hal tersebut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti: 

  1. banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  2. hindari stres
  3. hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  4. rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  5. cukup istirahat
  6. stop merokok (pada yang merokok)
  7. hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  8. hindari pemakaian bahan-bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah rambut rontok, Anda dapat membaca artikel yang berjudul Makanan Cegah Rambut Rontok.

Rambut yang berkerudung memang memerlukan penanganan khusus karena akan lebih mudah menyebabkan kelembaban yang tertahan dengan penumpukan minyak dan keringat yang juga dapat menyebabkan munculnya aroma tidak sedap dan lepek. Ketombe dan kerontokan rambut juga merupakan masalah yang sering terjadi pada wanita dengan kerudung. Untuk itu pastikan agar Anda:

  1. Mencuci rambut dengan teratur dengan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut dan disarankan tidak bering berganti-ganti jenis shampoo.
  2. Menyisir rambut dengan sisir yang bergigi jarang.
  3. Jangan langsung menggunakan kerudung ketika rambut basah.
  4. Jangan biarkan rambut terus menerus terikat, apalagi terikat dengan kencang.
  5. Gunakan kerudung dengan bahan yang nyaman, menyerap keringat dan tidak berlapis-lapis.

Seperti kami jelaskan di atas bahwa pendek ataupun panjangnya rambut tidak berpengaruh terhadap fase pertumbuhan rambut. Namun, jika Anda berjilbab, memang sebaiknya disarankan jangan memiliki rambut yang terlalu panjang karena dapat membuat kulit kepala semakin terasa panas.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Artikel Terkait:

0 Komentar

Belum ada komentar