Sehat dan Bugar

Apakah Berenang Bisa Mencegah Osteoporosis?

dr. Devia Irine Putri, 27 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Osteoporosis dapat dicegah dengan sering berolahraga. Namun, apakah olahraga berenang termasuk?

Apakah Berenang Bisa Mencegah Osteoporosis?

Osteoporosis adalah jenis penyakit tulang yang ditandai dengan semakin menurunnya kepadatan tulang sehingga tulang menjadi lemah dan mudah patah. Tentunya kondisi ini dapat berpengaruh terhadap kualitas hidup.

Pasalnya, patah tulang dapat menyebabkan nyeri yang berkepanjangan, memengaruhi kesehatan otot, dan menurunkan fungsi tubuh.

Untuk mencegah osteoporosis, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga secara rutin. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa olahraga berenang dapat membantu menghindarkan Anda dari osteoporosis.

Apakah benar olahraga berenang dapat mencegah osteoporosis? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Berenang untuk Cegah Osteoporosis

Olahraga memang telah diyakini dapat membantu tulang tetap sehat dan padat. 

Banyak penelitian menyebutkan, olahraga yang baik untuk mencegah dan menangani osteoporosis melibatkan aktivitas melompat dan yang memberikan tekanan pada tulang, baik karena pengaruh gravitasi terhadap tubuh maupun gerakan otot. Misalnya, naik tangga dan lari.

Lalu, bagaimana dengan olahraga renang? Apakah berenang dapat membantu mencegah osteoporosis?

Artikel Lainnya: Inilah Jenis Olahraga yang Menjadi Pantangan Osteoporosis

Sebenarnya, belum diketahui pasti apa jenis olahraga yang benar-benar dapat memberikan manfaat untuk tulang.

Selain itu, berenang dianggap sebagai olahraga yang tidak terlalu banyak memengaruhi massa tulang. Pasalnya, berenang tidak banyak melibatkan pengaruh mekanik atau getaran pada tulang.

Oleh karena itu, efek berenang terhadap massa tulang dapat dibilang hanya memberikan efek yang minimal atau bahkan tidak ada. 

Meski berenang tidak membantu meningkatkan kepadatan tulang, olahraga ini tetap dapat Anda lakukan. Karena berenang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kekuatan otot Anda. 

Tips Berenang untuk Cegah Osteoporosis

Sah-sah saja jika Anda ingin berenang, mengingat berenang adalah olahraga yang baik untuk fleksibilitas otot. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar olahraga yang Anda lakukan ini efektif untuk mencegah osteoporosis:

  • Jangan Lupa Pemanasan

Sebelum berenang, lakukan pemanasan sekitar 5-10 menit setiap sesinya. Ini berguna untuk menjaga fleksibilitas otot, sehingga Anda pun terhindar dari cedera otot saat berenang.

  • Perhatikan Gerakan Berenang Anda

Saat berenang, cobalah untuk memvariasikan gerakan dan kecepatan, serta melakukannya secara berulang dan dalam waktu yang singkat. Dengan begitu, olahraga ini bisa memberikan pengaruh positif terhadap massa tulang.

Artikel Lainnya: Tips Pola Hidup Sehat untuk Pencegahan Osteoporosis

  • Lakukan Olahraga Lain

Meski Anda sudah berenang, selipkan olahraga weight-bearing seperti berlari, jalan cepat, lompat tali, naik tangga, menari, maupun angkat beban.

Pastikan olahraga yang Anda pilih ini jenis olahraga yang aman dan sesuai untuk kondisi Anda, sehingga risiko cedera bisa dihindari.

  • Perhatikan Asupan Makanan

Pastikan Anda mengonsumsi asupan makanan yang bergizi, terutama kalsium dan vitamin D yang diketahui baik bagi tulang.

Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, misalnya produk susu, kacang-kacangan, sayuran, sereal terfortifikasi, maupun melalui suplemen tambahan.

  • Hindari Kebiasaan Buruk

Hindari gaya hidup yang tidak sehat, termasuk merokok dan mengonsumsi alkohol. Olahraga Anda bisa menjadi sia-sia alias tak bermanfaat apabila Anda tetap memiliki kebiasaan buruk ini.

Berenang memang bukan termasuk dalam jenis olahraga weight-bearing yang bisa mencegah terjadinya osteoporosis. Namun, olahraga renang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kekuatan otot.

Jangan lupa, tetap selipkan olahraga weight-bearing dan imbangi dengan pola hidup sehat agar Anda terhindar dari osteoporosis.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit osteoporosis, tanyakan kepada dokter kami melalui layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

BerenangOlahragaOsteoporosis

Konsultasi Dokter Terkait