Gigi Mulut

Mengatasi Gigi Sensitif dengan Laser

drg. Callista Argentina, 31 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kini gigi sensitif yang mengganggu bisa diatasi dengan perawatan laser. Seberapa efektif laser gigi untuk mengatasi gigi sensitif? Ini faktanya.

Mengatasi Gigi Sensitif dengan Laser

Gigi sensitif disebut juga dentine hypersensitivity (DH) yaitu rasa ngilu singkat dan tajam karena terbukanya sebagian akar gigi. Bagian yang terbuka itu berkontak dengan lingkungan rongga mulut.

Pada area dentin yang terbuka, lama-kelamaan lapisannya bisa terkikis dan hilang akibat cara menyikat gigi yang salah, atau menyebabkan bagian tersebut keropos akibat sering terpapar zat asam. 

Dentin merupakan lapisan berongga yang berisi cairan yang dapat bergerak sebagai respons dari rangsangan tertentu.

Pergerakan ini akan mengaktivasi ujung saraf gigi di bagian dalam lapisan dentin. Hal inilah yang menimbulkan sensasi ngilu.

Banyak informasi mengenai cara mengatasi gigi sensitif, salah satunya dengan laser gigi. Mari ketahui lebih lanjut seputar perawatan laser gigi untuk gigi sensitif berikut ini.

Penggunaan Laser untuk Mengatasi Gigi Sensitif

Terdapat teori yang mengemukakan, radiasi laser pada perawatan DH ditujukan untuk menutup rongga pada lapisan dentin, sehingga cairan dalam dentin tidak lagi bergerak.

Dengan demikian, transmisi saraf terhenti. Rasa ngilu pun dapat diredam bahkan dihilangkan. Karena itulah, laser telah menjadi salah satu solusi untuk mengatasi gigi sensitif.

Laser yang biasa digunakan di bidang kedokteran gigi bermacam-macam, di antaranya laser berdaya tinggi seperti GaA1As, CO2, Nd-YAG, Er:YAG, dan yang baru-baru ini diperkenalkan yaitu Er,Cr:YSGG.

Menurut Journal of Lasers in Medical Sciences, penggunaan laser Er,Cr:YSGG 0.25W terbukti secara klinis cukup efektif menurunkan sensitivitas gigi, begitu juga setelah kontrol tiga bulan kemudian.

Gigi sensitif bisa disebabkan oleh lebih dari satu faktor. Untuk mendapatkan hasil perawatan maksimal, maka diperlukan kombinasi lebih dari satu jenis perawatan.

Dalam beberapa penelitian, dikatakan kombinasi perawatan laser gigi dengan bahan kimia seperti sodium fluoride atau stannus fluoride dapat meningkatkan efektivitasnya 20 persen lebih tinggi dibanding hanya menggunakan laser.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Gigi Sensitif yang Ternyata Cuma Mitos

Kelebihan Prosedur Laser untuk Gigi Sensitif

Penggunaan laser sebagai cara mengatasi gigi sensitif memiliki kelebihan yaitu tidak memerlukan waktu lama dan prosedur tidak menyakitkan. Hasilnya juga terbukti efektif dan bisa bertahan cukup lama.

Meski terbukti efektif, penggunaan laser dalam mengatasi gigi sensitif belum banyak digunakan di Indonesia. Karena, biaya perawatannya relatif lebih mahal dibandingkan perawatan konvensional, dan membutuhkan keahlian yang lebih tinggi.

Dalam kasus ringan, gigi sensitif dapat dirawat dengan metode yang lebih konvensional, seperti penggunaan pasta gigi yang mengandung potassium nitrate yang cara kerjanya juga untuk mengurangi sensitivitas dentin.

Kemudian, keberhasilan mengatasi gigi sensitif tentu saja juga sangat ditentukan oleh kedisiplinan dan perubahan kebiasaan pasien dalam menyikat gigi.

Bila ingin konsultasi lebih lanjut seputar gigi sensitif, gunakan LiveChat dokter gigi di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

  • Journal of Lasers in Medical Sciences. Diakses 2022. Effectiveness of Lasers in the Treatment of Dentin Hypersensitivity.
perawatan gigiGigi dan MulutGigi Sensitif

Konsultasi Dokter Terkait