Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Menjaga si Kecil yang Alergi Tetap Aktif Selama Bepergian Jauh

Menjaga si Kecil yang Alergi Tetap Aktif Selama Bepergian Jauh

Masa liburan ini banyak dimanfaatkan untuk bepergian jauh. Buat orang tua, jika anak punya alergi perhatikan segala sesuatunya supaya si Kecil tetap aktif.

Memasuki musim liburan, si Kecil pasti senang apabila diajak bepergian jauh. Akan tetapi, bagi anak yang punya masalah alergi, mengajaknya liburan menjadi agak dilematis. Salah-salah, alergi anak malah kambuh hingga mengganggu keceriaan liburan.

Sebenarnya, hal ini dapat diantisipasi jauh sebelum keberangkatan Anda ke tempat liburan. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba saat ingin bepergian dengan anak yang punya alergi.

  1. Anak Punya Alergi Makanan

Alergi makanan adalah alergi yang paling umum dihadapi anak-anak. Tingkat keparahan reaksi alergi makanan sangat bervariasi dari satu anak ke anak berikutnya. Misalnya, ruam kecil yang dapat hilang setelah beberapa jam. Reaksi yang lebih parah bisa menimbulkan pembengkakan wajah, muntah dan diare, dan atau batuk atau mengi.

Agar ini tidak terjadi, perhatikan dengan cermat makanan apa saja yang dikonsumsi si Kecil di tempat liburan. Saran dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, jika Anda makan bersama di restoran, jangan sungkan untuk menanyakan kepada pelayan mengenai bahan apa saja yang digunakan.

Artikel lainnya Benarkah Anak yang Terlalu Bersih Rentan Alergi?

Dapat pula Anda informasikan kepada orang yang melayani tentang alergi makanan anak Anda.

"Jika Anda berniat membeli produk makanan di supermarket setempat, perhatikan dengan saksama label pada produk tersebut. Bacalah dengan teliti, apakah produk makanan tersebut mengandung bahan yang membuat si Kecil alergi,” ujar dr. Karin.

Apabila Anda dan keluarga bepergian dengan pesawat, tutur dr. Karin, Anda dapat memesan terlebih dahulu menu makanan khusus bagi si Kecil yang memiliki alergi tertentu.

  1. Alergi Pernapasan

Jika si Kecil punya masalah alergi pernapasan, Anda harus benar-benar memperhatikan segala sesuatunya dengan cermat. Mulai dari tempat liburan sampai masalah binatang peliharaan.

"Jika Anda sekeluarga berencana menginap, periksa terlebih dahulu segala sesuatu tentang penginapan tujuan Anda. Bagaimana kebersihannya, apakah diperbolehkan merokok dan membawa binatang peliharaan, dan sebagainya yang berkenaan dengan alergi anak Anda," kata dr. Karin.

Jika si Kecil alergi terhadap tungau, ada baiknya Anda membawa sendiri seperangkat seprai yang sudah dipersiapkan dari rumah.

Artikel lainnya Pengobatan Alami untuk Anak Alergi

1 dari 2 halaman

3. Pakaian

Siapkan pakaian yang tepat untuk anak Anda sesuai dengan tempat yang dituju. Anda dapat memeriksa terlebih dahulu temperatur dan keadaan cuaca daerah tujuan wisata beberapa hari sebelum berangkat. 

Jika si Kecil alergi udara dingin, siapkan pakaian yang dapat memberinya kehangatan, seperti mantel, topi, syal, dan kaus kaki.

“Akan tetapi, jika cuacanya panas, siapkan pakaian tipis menyerap keringat yang terbuat dari katun agar anak lebih nyaman," saran dr. Karin.

Jangan lupa juga untuk selalu membawa tabir surya dengan SPF minimal 15 agar kulitnya yang sensitif tidak terbakar matahari. Ini bagi Anda yang terutama mau liburan ke daerah pantai.

  1. Obat-obatan dan Catatan Medis si Kecil

Anda harus selalu membawa obat-obatan yang mungkin dibutuhkan oleh anak Anda. Tidak hanya obat alergi dan asma, tapi obat yang penting, seperti obat demam, mual, batuk pilek, dan diare.

Jadi, jangan ragu lagi membawa anak Anda yang punya alergi untuk menikmati waktu berlibur. Yang terpenting, siapkan segala sesuatunya sebaik mungkin beberapa hari sebelum keberangkatan. Selain aneka perlengkapan, perkuat juga daya tahan tubuh anak. Berikan dia makanan bergizi dan cukup istirahat beberapa hari sebelum liburan agar fisiknya prima.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar