Sukses

Penyebab Vertigo dan Cara Mengatasinya

Pernah merasakan kepala pusing dan berputar? Bisa jadi itu adalah gejala vertigo. Mari ketahui penyebabnya dan cara mengatasinya berikut ini.

Pernah mendengar istilah pusing tujuh keliling? Ternyata, penyakit yang seperti deskripsi istilah itu memang benar adanya, lho. Sakit kepala yang satu ini disebut dengan vertigo. Apa penyebab dan cara mencegahnya? Cek di sini, ya.

Vertigo adalah gejala sensasi diri sendiri atau ruangan sekeliling yang terasa berputar. Anda dapat mengalami sensasi berputar ini secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik, meski bisa juga terasa lebih lama. Penyebab vertigo bisa dipicu oleh berbagai hal.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyebabnya, Anda sebaiknya mengetahui gejala umum vertigo. Seperti dijelaskan dr. Valda Gracia dari KlikDokter, gejala vertigo seperti berikut ini.

  • Pusing berputar, rasanya sekeliling seperti dibolak-balik.
  • Bisa disertai dengan nistagmus, yaitu pergerakan bola mata secara terus-menerus dan berulang. Baik ke arah kanan-kiri, atas-bawah, maupun sirkular atau torsional.

Sementara itu, gejala-gejala lain yang biasanya muncul berbarengan dengan vertigo, antara lain muntah, gerakan mata tidak normal, sakit kepala, berkeringat, dan mendengar dengungan di dalam telinga atau bahkan kehilangan pendengaran.

Selain itu, menurut dr. Valda, vertigo sendiri secara garis besar dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral.

“Nah, kategori tersebut sangat dipengaruhi oleh penyebab utama yang mendasari keluhan vertigo Anda,” tutur dr. Valda.

Artikel Lainnya: Apakah Vertigo Bisa Diturunkan dari Orang Tua?

Vertigo perifer pada umumnya bersifat lebih ringan dibandingkan dengan vertigo sentral. Adapun vertigo sentral disebabkan oleh gangguan pada sistem keseimbangan pada otak, yaitu serebelum maupun batang otak. Ini bisa merupakan bentuk gejala yang mendasari suatu kondisi kesehatan yang berat.

1 dari 3 halaman

Penyebab Vertigo, Apa Saja?

Anda kerap mengalami vertigo? Berhati-hatilah. Beberapa kondisi kesehatan ternyata dapat juga menyebabkan vertigo. Beberapa penyakit itu adalah berikut ini.

  • BPPV

Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) adalah penyebab paling umum pusing berputar. Penyakit ini terjadi sebagai akibat adanya partikel kalsium di dalam kanal telinga dalam. 

"Kanal telinga ini berfungsi sebagai organ keseimbangan pada manusia. Adanya partikel kalsium akan menyebabkan gangguan keseimbangan," ujar dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter.

  • Penyakit Meniere

Penyakit meniere disebabkan adanya penumpukan cairan pada telinga bagian dalam. Penumpukan cairan ini akan menyebabkan peningkatan tekanan pada telinga bagian dalam. 

"Biasanya, selain keluhan pusing berputar, pasien dengan penyakit meniere akan mengeluhkan adanya pendengaran berdenging dan gangguan pendengaran," ungkap dr. Alvin.

  • Labirinitis

Labirinitis adalah gangguan pada telinga dalam yang disebabkan oleh infeksi virus. Peradangan akan mengganggu saraf yang berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Artikel Lainnya: Sering Vertigo, Ini Bahayanya bagi Kesehatan

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Vertigo

Saat Anda sering mengalami vertigo bahkan keluhannya bertambah berat, tidak ada salahnya berobat ke dokter. Ada beberapa terapi yang tersedia untuk membantu mengurangi gejala vertigo, yakni sebagai berikut.

1. Rehabilitasi Vestibular

Rehabilitasi vestibular merupakan terapi yang bertujuan menguatkan sistem vestibular Anda. Fungsi dari sistem vestibular adalah untuk mengirimkan sinyal ke otak terkait gerakan Anda.

2. Manuver Reposisi Kanalith

"Apabila penyebab vertigo Anda adalah BPPV, sebuah manuver untuk memindahkan deposit kalsium keluar dari kanal telinga Anda dapat dicoba. Dengan keluarnya partikel kalsium ini, diharapkan kanal akan kembali bersih," kata dr. Alvin.

3. Obat

Pada beberapa kasus, penderita dapat diberikan antibiotik dan steroid untuk mengurangi peradangan dan infeksi. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi obat.

“Selain itu, kalau Anda sudah biasa mengonsumsi obat vertigo, cobalah untuk tidak berganti merek. Pastikan Anda minum sesuai dosis,” tutur dr. Alvin.

4. Pembedahan

Ini merupakan langkah yang cukup krusial karena ini dapat diambil jika penyebab vertigo adalah tumor atau cedera pada otak dan leher. Anda harus melewati berbagai pemeriksaan dan selalu berkoordinasi dengan dokter soal keputusan pembedahan.

Itulah beberapa penyebab vertigo dan cara mengatasinya. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter saat vertigo sering muncul dan dalam durasi yang semakin panjang. Dengan mengetahui penyebabnya, pengobatan akan dilakukan dengan segera.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar