Sukses

Ini yang Terjadi Ketika Hidung Kemasukan Benda Asing

Tak sengaja hidung kemasukan benda asing. Sebenarnya, bisa berbahaya atau tidak, ya? Ingin tahu efeknya, cek penjelasannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kalau tidak hati-hati, hidung bisa kemasukan benda asing. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak dan bisa mengganggu pernapasan. Mari ketahui yang terjadi ketika hidung kemasukan benda asing.

Selama ini, Anda mungkin hanya tahu permasalahan hidung, seperti mampet, meler, atau paling parah adalah kehilangan indra penciuman. Nyatanya, ada masalah lainnya pada hidung, yakni kemasukan benda asing.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, benda mati selain sobekan kertas, ada kacang, manik-manik, koin, kapur, sampai mainan kecil yang bisa masuk ke hidung. Misalnya, hidung Anda kemasukan kertas kecil atau sobekan kertas, tentu sangat tidak nyaman, bukan? Anda jadi kesulitan menghirup napas dengan lega. 

Umumnya, benda mati bisa masuk ke hidung anak-anak yang berusia 1-8 tahun. Sementara, benda hidup bisa terjadi pada segala usia. Kemasukan serangga menjadi salah satu contohnya. Gejala yang muncul pada kasus hidung kemasukan benda asing, seperti berikut ini

  • Keluarnya cairan hidung yang berbau busuk.
  • Hidung terasa tersumbat hingga sulit bernapas.
  • Nyeri pada bagian hidung.
  • Sakit kepala.
  • Mimisan dan juga demam.
  • Munculnya suara siulan di hidung ketika bernapas.

Apa yang terjadi kalau benda asing masuk ke hidung?

Membayangkannya saja sudah sangat mengerikan, apalagi kalau sampai benar masuk benda asing ke dalam hidung. Dampak negatif dari masuknya benda asing dalam hidung bisa menyebabkan pembengkakan pada lapisan mukosa hidung, mimisan, dan erosi pada mukosa hidung. Jika mengeras, dapat menjadi jaringan granulasi. 

Ada juga yang dapat merusak septum nasi atau septum nasal karena benda asing yang masuk bersifat korosif seperti logam berat (baterai). Jika sampai benda asing tidak dikeluarkan, risikonya bisa menimbulkan komplikasi serius. 

Hal ini membahayakan karena si benda asing bisa masuk ke jalan napas sehingga menyebabkan gagal napas. Komplikasi lainnya bisa berupa perdarahan dan infeksi.

Cara menangani benda asing masuk ke dalam hidung

Jika And atau orang di sekitar sampai mengalami kemasukan benda asing ke dalam hidung, sebetulnya jangan paksa keluarkan benda itu. Kalau salah, risikonya bisa menyebabkan benda asing semakin terdorong ke belakang rongga hidung. 

Namun, Anda juga perlu tahu bahwa benda asing bisa keluar dengan mudah. Jika benda asingnya masih bisa terlihat, Anda bisa meniupkan hidung secara perlahan jika kemasukan hewan kecil. 

Namun, jangan pernah Anda mencoba sendiri mengambil benda asing yang tak terlihat sama sekali dan sulit dijangkau. Apalagi menggunakan cotton bud ataupun tweezer

Intinya, jika kasus Anda tergolong parah, Anda wajib mendapatkan pertolongan medis. Jika kondisi di bawah ini dialami Anda atau keluarga, pertanda Anda harus mendapatkan pertolongan medis sesegera mungkin.

  • Tidak bisa bernapas dengan baik.
  • Perdarahan lebih dari 2 atau 3 menit setelah Anda mengambil benda asing sendiri tanpa pertolongan medis.
  • Objek asing terjebak pada kedua nostril (pintu masuk yang akan membawa udara masuk lebih dalam ke rongga hidung).
  • Kesulitan mengambil benda asing yang sudah masuk ke dalam hidung.
  • Infeksi.

Segera mungkin bawalah ke dokter THT untuk dilakukan tindakan yang tepat. Dokter THT biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik pada organ hidung. Tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan pemeriksaan x-ray dan nasoendoskopi jika benda asing susah terlihat. 

Itulah dampak buruk jika hidung kemasukan benda asing. Mulai sekarang jaga diri Anda, awasi anak, atau orang terkasih supaya tak lagi mengalami hal yang sama. Kalau sampai mengalaminya kembali, segera ke dokter THT atau unit gawat darurat untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang cepat dan tepat.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar