Gigi Mulut

Berbagai Kebiasaan yang Merusak Email Gigi

drg. Wiena Manggala Putri, 04 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Email gigi atau lapisan terluar gigi bisa rusak akibat beberapa kebiasaan buruk. Apa saja penyebab email gigi rusak? Cek lengkapnya di sini!

Berbagai Kebiasaan yang Merusak Email Gigi

Email gigi merupakan lapisan permukaan yang paling keras dari tubuh dan terbentuk dari mineral hydroxyapatite. Lapisan ini berfungsi melindungi seluruh jaringan gigi yang ada di bawahnya. 

Bila lapisan email gigi rusak atau terkikis, maka lapisan tersebut tidak dapat beregenerasi atau memperbaiki dirinya sendiri. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menjaga kesehatan email gigi agar tetap sehat dan kuat. 

Tanpa sadar, email gigi bisa terkikis karena konsumsi makanan atau minuman tertentu, serta beberapa kebiasaan buruk sehari-hari. Jika terjadi terus-menerus, tentu dapat membahayakan kesehatan gigi Anda.

Berikut beberapa penyebab email gigi rusak:

1. Mengunyah Es Batu

Mengonsumsi minuman dingin dengan es batu di dalamnya mungkin terkesan tidak berbahaya. Tetapi, memiliki kebiasaan menggigit dan mengunyah es batu dapat membuat lapisan gigi retak bahkan patah.

Jika dibiarkan, lapisan email gigi yang rusak akan menimbulkan rasa sakit di gigi. Hal ini disebabkan karena gigi akan lebih sensitif terhadap makanan atau minuman panas dan dingin. Kondisi ini tentu akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. 

2. Minum Susu di Waktu Tidur

Bayi mungkin terbiasa tidur dengan botol dot yang ada di mulutnya. Padahal, kebiasaan ini justru dapat merusak kesehatan gigi. 

Memberikan si kecil susu atau minuman manis menggunakan botol dot saat tidur dapat menyebabkan karies gigi. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah nursing bottle caries.

Hal ini disebabkan karena sisa susu yang mengandung gula di dalam rongga mulut akan tergenang dan merendam permukaan gigi. 

Ini akan membuat bakteri mudah berkembang biak dan mengubah gula menjadi asam, sehingga mempercepat kerusakan gigi. 

3. Menggertakkan Gigi

Kondisi stres dapat memicu seseorang untuk mengatupkan rahang atas dan bawahnya, atau menggemeretakkan gigi. Tak hanya itu, tanpa disadari, menggertakkan gigi juga sering terjadi saat tidur malam (bruxism).

Bruxism yang dilakukan terus-menerus akan membuat lapisan email gigi terkikis. Lapisan email bisa retak bahkan pecah. Hal ini disebabkan oleh tekanan yang ditimbulkan saat menggertakkan gigi. 

Artikel Lainnya: Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Berjejal

4. Sering Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis atau Bersoda

Semua makanan manis yang dikonsumsi berlebihan dapat merusak kesehatan gigi, terlebih jika Anda tidak membersihkannya dengan benar dan rutin. 

Selain itu, sering mengonsumsi minuman asam atau bersoda juga dapat menjadi penyebab email gigi rusak karena kandungan gula dan zat asam di dalamnya. 

Jadi, sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi minuman asam seperti soda, jus jeruk, dan minuman berenergi, serta permen karet yang asam dan lemon. 

5. Membuka Barang dengan Gigi Anda

Salah satu fungsi utama gigi adalah mengunyah makanan. Namun, tanpa sadar tak sedikit orang yang menggunakannya untuk membuka tutup botol atau merobek bungkus makanan. 

Padahal, menggunakan gigi sebagai alat dapat menyebabkan lapisan email retak atau terkikis. Ini merupakan salah satu kebiasaan yang harus segera dihentikan. 

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang justru dapat merusak lapisan email gigi. Untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat, perawatan rutin seperti menyikat gigi harus dilakukan teratur. 

Jika Anda memiliki salah satu kebiasaan buruk penyebab email gigi terkikis di atas, segera hentikan agar gigi terhindar dari kerusakan.

Bila ingin konsultasi ke dokter gigi lebih cepat dan mudah, gunakan LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

  • WebMD. Diakses 2022. 19 Habits That Wreck Your Teeth.
  • Mouth Healthy – American Dental Association. Diakses 2022. 6 Habits That Harm Your Teeth (And How to Break Them).
  • Everyday Health. Diakses 2022. Common Dental Health Troublemakers.
  • Mayo Clinic. Diakses 2022. Cavities/tooth decay.

 

Gigi dan MulutEmail GigiGigi Sensitif

Konsultasi Dokter Terkait