Sukses

Berbagi dengan Sesama

Berbagilah dengan sesama dan ingat kepada ibu yang ketika melahirkan kita menaruh kakinya setengah di dalam kuburan.

KLIKDOKTER.COM - Pada kesempatan Klikdokter bertemu dengan tokoh satu ini, Bob Hasan yang kini berusia 82 tahun menyambut ramah dan hangat. Raut wajah yang tenang dipadu dengan gaya bicara dan penampilan yang santai membuatnya terlihat jauh lebih muda dari usia aslinya. Sesekali beliau melemparkan guyonan atau bahkan celetukan yang menggelitik.

Apa resep sehat segar bugar di usia 82 ini?
Saya mencoba untuk makan makanan yang direbus-rebus dan salad serta mengurangi makanan yang digoreng.

Bob Hasan adalah seseorang yang dekat dengan olahraga, terbukti dari aktivitasnya sebagai ketua dari organisasi-organisasi olahraga. Namun, kecintaanya jelas terlihat pada olahraga golf. ”Saya sulit dihubungi, karena saya sudah ada di lapangan golf sejak jam 5 pagi, dan bisa menghabiskan waktu di lapangan,” imbuhnya.

Ketua PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) ini memang rutin berlatih golf bersama teman-temannya. Pola hidup sehat lain yang juga beliau jalani adalah dengan menjauhi rokok. Alasannya sederhana, karena tidak suka dengan bau asap rokok. 

Mengenai pengalaman kesehatan yang berkesan diutarakannya cerita operasi jantung yang dijalaninya setahun lalu. Satu tahun yang lalu, pria kelahiran 82 tahun silam ini terdeteksi mengalami penyumbatan pada pembuluh darah arteri jantungnya. Penyakitnya tersebut diketahui secara tidak disengaja. Yakni ketika beliau mengantarkan seorang teman untuk berobat jantung di sebuah RS Jantung di Kampung Rambutan.

Pada kesempatan itu direktur PT. Kalimanis Plywood itu ditawarkan untuk ikut diperiksa meskipun tidak merasakan keluhan apapun. Setelah  treadmill, echo dan pemeriksaan jantung lainnya, diketahui beliau memiliki beberapa sumbatan pada pembuluh darah arteri jantung sehingga disarankan untuk dilakukan pembedahan.

“Kalau sumbatannya ada 2 saja, bisa di stent. Tetapi jika 4 atau lebih sebaiknya dioperasi,” ujarnya menirukan himbauan dokternya dikala itu.

Akhirnya beliau menjalankan proses operasi di sebuah RS di bilangan Kampung Melayu. “Yang sangat berkesan untuk saya adalah saya didiagnosis dan dioperasi di dua kampung yang berbeda, Kampung Rambutan dan Kampung Melayu,” serayanya hingga tertawa terbahak-bahak sambil memperlihatkan video operasi jantung melalui handphone-nya.

“Di masa muda, memang makanan saya isi perut semua,” ungkapnya. “Namun setelah diperiksa dan ternyata hasil tes darah saya tidak baik, saya beralih pada makanan yang rebus-rebus dan salad hingga kini”

Ketika ditanyakan mengenai moto hidupnya, pengusaha kayu ini menjawab dengan tegas; ”Berbagilah dengan sesama dan ingat kepada ibu yang ketika melahirkan kita menaruh kakinya setengah di dalam kuburan.” Bob Hasan yang juga menjadi Pembina Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia) merasa dengan selalu ingat mereka yang hidup susah, kita akan merasa kecil kembali. Sedangkan hal terpenting sebagai anak adalah untuk selalu menghormati ibu, karena setiap individu sewajarnya adalah seorang anak yang tetap membutuhkan keluarga.[](RIPI)

Mohammad Bob Hasan

RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI

Nama :
Mohammad Bob Hasan

Lahir :
Semarang, 1931

Agama :
Islam

Karir :
-Direktur Utama: PT Kalimanis Plywood
-PT Wasesa Lines
-PT Pasopati Holding Company
-PT Karana Shipping Lines
-PT Hutan Nusantara
-PT Lifetime Assembly of Watch and Electrical Equipment
-Preskom PT McDermott Indonesia, dan lain-lain

Kegiatan Lain :
- Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI)
- Ketua Umum PB PABBSI (angkat besi)
- PB Percasi (catur)
- PB Persani (senam)
- Presiden Asosiasi Atletik Amateur Asia (AAAA)
- Anggota Kehormatan IOC
- Wakil Presiden OCA (Komite Olimpiade Asia).

0 Komentar

Belum ada komentar