Sukses

7 Aturan yang Wajib Anda Perhatikan Saat Menjemur Bayi

Menjemur bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Inilah aturan yang harus Anda perhatikan.

Menjemur bayi yang baru lahir di bawah sinar matahari adalah hal penting yang harus dilakukan setiap orangtua. Tindakan ini memberi banyak bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Bayi yang baru lahir belum mampu mengolah bilirubin dengan sempurna. Ini membuat sebagian bayi terlihat kuning di hari pertama kelahirannya. Nah, sinar matahari pagi mengandung sinar biru (bluelight) yang dapat membantu tubuh bayi mengolah bilirubin.

Selain itu, menjemur bayi di pagi hari juga akan merangsang tubuhnya menghasilkan vitamin D. Hal ini bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan tulangnya.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, berikut aturan-aturan yang perlu Anda perhatikan saat menjemur bayi:

  1. Waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk menjemur bayi adalah pukul 7-8 pagi, selama 15-20 menit. Hindari menjemur bayi di atas jam 8 pagi. Karena di waktu tersebut, sinar matahari telah mengandung ultraviolet yang dapat merusak kulit dan sel-sel di dalam tubuh bayi.

  1. Tidak menggunakan pakaian sama sekali

Lepaskan semua pakaian saat bayi sedang dijemur. Hanya popok saja yang boleh digunakan. Ini penting, karena manfaat menjemur bayi baru bisa dirasakan jika sebagian besar tubuh bayi terpapar sinar matahari pagi.

  1. Tidak hanya dalam posisi telentang

Agar paparan sinar matahari ke tubuh bayi lebih optimal, sebaiknya bayi dijemur dalam posisi telentang dan tengkurap. Ini tidak berbahaya bagi bayi, asalkan Anda selalu mengawasinya dengan baik.

  1. Bukan hanya untuk bayi yang baru lahir

Vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Pertumbuhan tulang terjadi sejak baru lahir hingga seseorang berusia 18-20 tahun.

Oleh karena itu, bukan hanya bayi baru lahir saja yang mendapatkan manfaat dari berjemur di pagi hari. Orang dewasa pun bisa menikmati manfaatnya.

  1. Perhatikan cuaca

Kondisi cuaca yang terlalu berangin tidak baik bagi kesehatan bayi. Dalam cuaca seperti itu, menjemur bayi tidak perlu dilakukan.

Selain itu, kondisi sinar matahari yang terlalu terik juga tidak baik. Karena dapat mengiritasi kulit dan melukai organ dalam bayi. Bila kondisi ini terjadi, pilihlah tempat yang teduh untuk menjemur bayi.

  1. Hindari paparan sinar matahari langsung ke mata

Paparan sinar matahari langsung ke mata bayi dapat merusak retinanya, sehingga menyebabkan gangguan penglihatan di kemudian hari. Oleh karena itu, saat menjemur, gunakan penutup mata atau kacamata hitam pada bayi untuk melindungi retinanya.

  1. Beri stimulasi

Jangan diamkan bayi saat menjemurnya. Menjemur bayi adalah waktu yang tepat untuk memberinya stimulasi untuk kecerdasannya. Tindakan ini juga dapat meningkatkan bonding antara orangtua dengan bayi. Orangtua dapat menjemur bayi sambil mengajaknya bercerita, bersenandung, atau sambil mempraktikkan pijat bayi.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari menjemur bayi, jangan lupa untuk menerapkan 7 aturan di atas, ya!

(NB/RH)         

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar