Sukses

Kencing Berbusa Saat Hamil? Awas Pre-eklampsia!

Ternyata, kencing berbusa saat hamil bisa menjadi pertanda adanya suatu komplikasi kehamilan yang disebut dengan pre-eklampsia. Simak selengkapnya di sini.

Apakah Anda mengalami kencing berbusa saat hamil? Jika ya, waspadalah. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami komplikasi kehamilan yang disebut pre-eklampsia. Mengejutkan, bukan?

Salah satu kondisi yang menyebabkan air kencing berbusa adalah keluarnya protein bersama urine. Jika terjadi dalam waktu sementara, kondisi ini dikategorikan sebagai kejadian normal.

Namun jika terjadi secara terus-menerus, maka protein yang keluar bersama urine dan menyebabkan kencing berbusa merupakan akibat dari komplikasi kehamilan. Kondisi ini dikenal sebagai pre-eklampsia.

Pre-eklampsia adalah suatu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, dan adanya protein di dalam urine. Apabila tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat mengancam keselamatan ibu dan janin.

Pre-eklampsia diduga sebagai akibat dari adanya gangguan plasenta –yaitu gangguan pada pembuluh darah yang memasok darah ke janin. Di samping itu, faktor genetik juga dituding memiliki peran terhadap kejadian pre-eklampsia.

Selain kencing berbusa, ibu hamil yang mengalami pre-eklampsia biasanya juga mengalami:

  • Pandangan kabur
  • Pembengkakan tangan, kaki dan wajah
  • Sakit kepala
  • Nyeri ulu hati

Salah satu terapi untuk membantu mengatasi pre-eklampsia adalah dengan persalinan. Adapun terapi lainnya berupa pemberian obat penurun tekanan darah tinggi, dan pemberian obat antikejang bila diperlukan. Jika pre-eklampsia tergolong berat, maka pasien perlu dirawat di rumah sakit.

Melihat bahayanya kencing berbusa saat hamil, mulai saat ini jangan sepelekan lagi kondisi ini. Jika Anda mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter sebelum terlambat!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar