Sukses

Cara Praktis Atasi Batuk di Saat Penting

Batuk di saat penting dan mengganggu performa? Jangan panik, segera lakukan ini!

Batuk adalah suatu kondisi yang bisa terjadi secara tiba-tiba, tanpa diduga-duga. Seperti tidak berbelas kasih, batuk kerap hadir di saat-saat penting dan mengganggu performa penderitanya.

Batuk adalah mekanisme pertahanan yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan benda atau zat asing yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh. Karena itu, kondisi ini tidak selalu berkaitan dengan suatu infeksi atau penyakit yang berat.

Jika Anda batuk dan ingin segera terbebas dari kondisi ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Maksudnya, Anda perlu mencari tahu apakah batuk yang terjadi merupakan kondisi berat atau tidak.

Jika batuk tidak termasuk pada kondisi berat, berikut tindakan yang bisa Anda lakukan:

  1. Minum air hangat

Selain menjaga kebutuhan cairan, air hangat juga bermanfaat menjaga suhu tubuh tetap hangat. Di samping itu, air hangat juga bisa menjaga kelembapan tenggorokan. Minumlah 2 liter air hangat, dan hindari air dingin selama batuk.

  1. Cukupi kebutuhan nutrisi

Perut kosong dapat memperberat batuk, karena akan menurunkan daya tahan tubuh. Jadi pastikan kebutuhan nutrisi Anda tercukupi dengan baik. Jangan malas makan. Sup hangat, madu, dan makanan yang mengandung vitamin C dapat Anda jadikan pilihan sebagai menu utama. 

  1. Gunakan masker

Jika terpaksa harus berada di tempat berpolusi, pastikan Anda menggunakan masker. Bila memungkinkan, tinggalkan tempat tersebut.  Dengan demikian, partikel-partikel polusi tidak dapat masuk ke dalam saluran pernapasan dan memperparah batuk.

  1. Hindari makanan ini

Hindari mengonsumsi makanan yang digoreng dan berminyal, serta minuman dingin atau es. Makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan produksi lendir dan memperberat keluhan. Jika Anda memiliki riwayat batuk karena gangguan saluran pencernaan, jangan lupa untuk menghindari makanan yang membuat asam lambung naik.

  1. Terapkan pola hidup sehat

Terapkan pola hidup sehat dengan menghindari rokok, tidak mengonsumsi alkohol, istirahat yang cukup, dan hindari stres.

  1. Lakukan ini

Menghirup uap air hangat dapat mengurangi keluhan batuk. Anda pun juga bisa menggunakan jaket atau syal jika suhu sedang dingin untuk mengurangi keluhan.

Selain tindakan di atas, Anda sebaiknya juga mengonsumsi obat batuk. Jika Anda mengalami batuk kering, pilihlah obat batuk yang mengandung antitussive.

Sedangkan untuk batuk berdahak, konsumsi obat batuk yang mengandung expectorant. Anda pun dapat memilih permen pelega tenggorokan yang mengandung peppermint, agar lebih praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

Jika batuk masih saja membandel, berkonsultasilah dengan dokter sebelum terlambat.

(NB/RH)

Baca Juga:

1 Komentar