Sukses

Nah, Ini Dia Kebiasaan yang Sering Bikin Gigi Berlubang!

Tanpa disadari, ternyata kebiasaan ini bisa sebabkan gigi berlubang, lho! Cari tahu selengkapnya di sini.

Gigi berlubang. Rasanya, tidak ada satu orang pun yang ingin mengalaminya. Anda juga, bukan? Keluhan ini memang sering terjadi pada anak-anak. Namun jangan salah, ternyata orang dewasa juga bisa mengalaminya!

Tidak bisa dimungkiri, gigi berlubang adalah keluhan yang bisa menyerang siapapun, tanpa pandang usia. Penyebabnya sangat bervariasi, namun yang paling sering adalah:

  1. Kebiasaan ngemil yang salah

Tahukah Anda bahwa ngemil di antara waktu makan bisa merusak gigi? Ini karena kandungan gula di dalam camilan yang dikonsumsi membuat keseimbangan pH di dalam mulut menurun akibat produksi asam dari bakteri. PH yang rendah tersebut membuat mineral dalam gigi larut sehingga meningkatkan risiko gigi berlubang.

  1. Mengonsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda yang dikonsumsi secara berlebihan dan rutin dapat membuat gigi berlubang. Ini karena minuman tersebut mengandung pemanis buatan dan soda, yang menurunkan pH di dalam mulut.

Jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi minuman bersoda, gunakan sedotan untuk memperkecil kontak gigi dengan minuman. Setelah itu, ikuti dengan mengonsumsi air putih. Tunda minimal 30 menit sebelum menyikat gigi.

  1. Tidak menyikat gigi sebelum tidur

Tidak menyikat gigi sebelum tidur berpotensi besar menyebabkan gigi berlubang. Ini karena saat tidur, produksi air liur yang berfungsi untuk membersihkan gigi mengalami penurunan. Sehingga, sisa makanan akan menempel sepanjang malam, dan bakteri akan menghasilkan asam yang membuat gigi berlubang.

  1. Mengkertakkan gigi saat tidur

Anda sering merasa nyeri dan pegal di area pipi atau rahang saat bangun tidur? Kemungkinan besar Anda memiliki kebiasaan mengkertakkan gigi atau bruxism. Jika dibiarkan, kebiasaan ini bisa menyebabkan permukaan gigi terkikis, hingga mengakibatkan gigi patah.

Untuk mencegahnya, gunakan pelindung gigi yang bisa Anda dapatkan di dokter gigi. Selain itu, bruxism juga merupakan pertanda adanya kecemasan. Jadi, cobalah untuk lebih relaks dan santai sebelum tidur.

  1. Mengunyah es batu

Kebiasaan ini bisa membuat gigi Anda retak. Jika dilakukan secara terus-menerus, maka gigi yang retak bisa bertambah parah, dan menyebabkan gigi menjadi sensitif, atau bahkan patah.

Mana kebiasaan yang sering Anda lakukan –baik dengan sadar maupun tidak? Mulai saat ini, yuk, tinggalkan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk juga menyikat gigi dengan pasta gigi ber-flouride, terutama malam hari sebelum tidur, ya! Dengan demikian, gigi Anda akan terbebas dan terhindar dari ancaman gigi berlubang.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar