Sukses

George Michael Meninggal Dunia di Usia Muda

Berita meninggalnya George Michael menambah daftar selebritas yang meninggal di usia muda. Kira-kira apa penyebab kematian di usia dini?

Usia harapan hidup manusia adalah 71 tahun. Sedangkan, menurut WHO, 65 tahun adalah usia di mana seseorang mulai masuk dalam kelompok lanjut usia. Sedangkan kematian di bawah kedua angka tersebut bisa dikatakan kematian usia dini .

Proses Penuaan

Setelah usia 30 tahun, hampir semua organ pada tubuh akan mengalami penurunan fungsi sebanyak 1% karena proses penuaan. Karena itu kematian pada usia tua atau saat lanjut usia bisa dibilang sudah sepantasnya. Bagaimanapun juga, proses penuaan merupakan hal yang tidak bisa dihindari.

Menurut para ahli, penuaan adalah proses gabungan dari beberapa faktor. Antara lain keturunan, lingkungan, adat, diet, olahraga, penyakit, dan sebagainya. Namun ada teori yang menjelaskan bahwa proses penuaan sudah ada dari gen.

Kematian Usia Dini

Lalu bagaimana dengan kematian usia dini? Sesungguhnya hal ini mengundang banyak tanda tanya akan penyebabnya. Faktor gaya hidup sering kali dituding sebagai penyebab kematian usia dini dengan cara mempercepat proses penuaan.

Gaya hidup yang sering dikaitkan biasanya berhubungan dengan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol berlebihan. Selain itu tidak berolahraga serta kurang mengkonsumsi buah dan sayuran juga disebut-sebut dapat mempercepat kematian hingga 12 tahun.

Lakukan Ini

Sebenarnya, Anda bisa ‘berkelit’ dari kematian. Atau setidaknya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan agar tidak mati di usia muda.

  1. Masukkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam pola makan Anda. Keduanya kaya akan vitamin, mineral dan juga serat. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan. Kebiasaan mengkonsumsi banyak buah dan sayur setiap harinya dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 76%. Antioksidan yang banyak terkandung pada buah dan sayuran juga baik untuk menjaga kerusakan tubuh Anda dari radikal bebas.
  2. Berolahraga secara rutin adalah kunci sehat dan awet muda. Berjalan cepat 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sementara itu, olahraga intensitas tinggi secara rutin dapat menambahkan umur Anda sebanyak empat tahun.
  3. Istirahat yang cukup. Penelitian membuktikan bahwa tidur 6-7 jam dapat membuat Anda hidup lebih lama. Tidur lebih lama 8 jam sesuai dengan anjuran yang banyak berlaku, justru meningkatkan risiko kematian sebanyak 12% dalam 6 tahun. Risiko ini meningkat menjadi 15% bagi mereka yang tidur lebih dari 8,5 jam dan kurang dari 4 jam sehari.
  4. Perhatikan ini: Stres dapat mempercepat proses penuaan. Selain itu stres yang berkepanjangan juga berkontribusi terhadap penyakit jantung, diabetes, obesitas, kanker, asma, depresi bahkan Alzheimer’s. Jadi, carilah cara untuk mengatasi stres –entah itu dengan berdoa atau bercerita ke keluarga atau orang terdekat.
  5. Anda mungkin sudah sering mendengar para selebritas yang sangat akrab dengan narkoba, termasuk George Michael. Jadi lupakan saja untuk bermain-main dengan benda yang satu ini. Selain itu jauhi juga rokok dan minuman beralkohol. Alasannya? Sederhana saja, ketiganya dapat menyebabkan banyak penyakit dan mempercepat proses penuaan.
  6. Beberapa penyakit tidak akan menimbulkan gejala sampai sudah mencapai tahap tertentu. Karena itu, periksakan kesehatan Anda secara rutin. Mulai dari hal yang mudah seperti cek tensi darah hingga cek kolesterol dan gula darah. Bagi wanita yang sudah berusia 30 dan 35 tahun, sebaiknya juga lakukan juga pemeriksaan pap smear dan mamografi untuk pencegahan kanker serviks dan payudara.  

Lebih baik mencegah penyakit daripada mengobati, bukan? Jadi, belajarlah dari George Michael dan jagalah kesehatan Anda. Dengan demikian Anda bisa hidup lebih lama bersama orang-orang yang Anda cintai.

(RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar