Sukses

Fakta Mengejutkan Tentang Sinar Laser!

Sinar laser yang sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari ternyata bisa sebabkan kebutaan! Simak faktanya di sini.

Sinar laser. Sebagian besar orang mungkin tidak asing lagi dengan yang satu ini. Pasalnya, sinar laser sering dijumpai pada mainan anak-anak, ataupun sebagai alat bantu ketika presentasi. Tapi hati-hati, sinar laser juga bisa memberikan dampak buruk bagi mata!

Tidak bisa dimungkiri, kini kekuatan sinar laser semakin meningkat dan harganya semakin menurun. Sinar laser yang terdapat pada pointer atau pun mainan anak-anak ternyata tidak baik untuk kesehatan mata.

Sinar tersebut dapat menyebabkan kerusakan sementara maupun permanen, atau bahkan kebutaan. Efek negatif terhadap mata ini dapat terjadi pada anak maupun dewasa.

Sinar laser dapat merusak kesehatan mata apabila terpapar secara langsung ataupun melalui pantulan –misalnya dari cermin. Tentunya, pancaran sinar laser langsung ke mata dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Dan yang lebih parah, kerusakan mata akibat sinar laser biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Namun yang jelas, kemampuan penglihatan Anda akan berkurang secara perlahan.

Terkait hal ini, satu kasus pernah terjadi pada seorang sopir bus Jerman. Ia mengalami penglihatan kabur selama 6 bulan lebih sebelum periksa ke dokter. Sopir tersebut melihat sinar laser yang terpantulkan dari kaca spion sekitar empat kali.

Pada pemeriksaan mata, dokter menemukan adanya cedera halus pada makula –bagian dari retina- mata sopir tersebut. Penyebabnya diyakini karena sinar laser tersebut menghasilkan panas dan menyebabkan luka kecil pada mata.

Adapun 4 kasus lain yang terjadi pada anak-anak. Satu kasus terjadi akibat melihat pantulan sinar laser pada kaca. Dua kasus lain karena melihat secara langsung sinar laser tersebut.

Kasus terakhir karena terlibat pada permainan perang laser. Anak-anak tersebut ke rumah sakit karena hilangnya penglihatan tengah dan memiliki titik buta. Ini terjadi dalam beberapa jam setelah anak tersebut terpancar sinar laser.

Tiga dari empat anak tersebut mengalami kehilangan penglihatan tingkat sedang. Berita ini semakin terdengar semakin buruk karena apa yang mereka alami berpotensi tidak dapat disembuhkan.

Belum selesai. Dua minggu setelah kejadian, salah satu penglihatan seorang anak semakin memburuk. Bahkan kemampuan penglihatan anak tersebut sudah hampir melewati batas untuk memiliki surat ijin mengemudi di daerah tempatnya tinggal.

Mengejutkan, bukan? Karena itu, mulai saat ini berhati-hatilah terhadap sinar laser. Jangan sampai sinar tersebut mengenai mata Anda dan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar