Sukses

Tanda-Tanda Anda Harus Ganti Kacamata

Anda pengguna kacamata? Beberapa kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda harus ganti kacamata baru.

Kacamata tentunya sangat berguna bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan. Alat bantu ini perlu diganti secara berkala, menyesuaikan kondisi mata penderitanya. Oleh karena itu, kenalilah tanda-tanda harus ganti kacamata agar penglihatan Anda tidak terganggu.

Jika Anda mengalami gangguan penglihatan, memeriksakan mata hanya satu kali dan memakai kacamata dengan resep dokter saja rupanya belum cukup. Apalagi jika Anda memiliki rabun jauh, rabun dekat, ataupun astigmatisme.

Berikut tanda-tanda kapan saatnya memeriksakan diri lagi dan harus mengganti kacamata Anda:

1 dari 4 halaman

1. Sering Pusing atau Mual

Salah satu tanda kacamata tidak cocok ialah pusing dan mual saat memakainya. Mata memiliki mekanisme untuk memfokuskan pandangan pada satu titik, yang dilihat pada jarak tertentu. Pada orang dengan gangguan penglihatan, mekanisme ini menuntut otot mata bekerja lebih keras untuk membuat pandangan tetap fokus.

Jika kacamata yang Anda gunakan tidak lagi sesuai dengan kebutuhan mata, maka otot mata akan bekerja lebih berat. Dengan demikian, maka Anda akan merasakan pusing atau nyeri kepala.

Tentu saja pusing tidak selalu berarti Anda membutuhkan resep kacamata baru. Tetapi ini bisa menjadi salah satu tandanya.

Artikel Lainnya: 5 Penyebab Mata Minus Bertambah Parah dan Solusinya

2. Sering Memicingkan Mata Karena Pandangan yang Kabur

Memicingkan mata adalah bentuk penyesuaian untuk memaksimalkan mekanisme fokus pandangan, dengan mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Anda sering melakukannya?

Orang dengan gangguan penglihatan biasanya akan refleks memicingkan matanya untuk melihat sesuatu, karena pandangan yang kabur. Jika Anda sudah menggunakan kacamata namun masih melakukan tindakan ini, maka itulah tanda harus ganti kacamata.

2 dari 4 halaman

3. Sudah Setahun Sejak Terakhir Periksa Mata

Ada atau tidaknya keluhan, sebaiknya Anda rutin memeriksakan mata setiap satu tahun sekali. Jika rutin memeriksakan diri, resep kacamata Anda akan semakin stabil, dan frekuensi yang tadinya 1 tahun ini bisa menjadi 2 atau 3 tahun sekali.

Memakai kacamata dengan ukuran yang tidak lagi sesuai dengan kebutuhan dalam jangka panjang dapat berdampak buruk bagi mata Anda. Jadi, kenalilah tubuh Anda sekarang juga.

4. Sering Mengalami Mata Lelah

Mata lelah merupakan kondisi yang dirasakan akibat penggunaan mata yang intens. Jika Anda selalu merasakan kelelahan atau tegang pada mata, sebaiknya mencari tahu apa penyebab pastinya.

Kelelahan pada mata ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor,misalnya membaca atau bekerja di depan komputer. Tetapi biasanya mata lelah akan reda dalam beberapa hari. Namun, jika Anda mengalaminya sepanjang waktu, inilah salah satu tanda harus ganti kacamata.

Artikel Lainnya: 5 Kondisi Kesehatan yang Bisa Ditunjukkan Oleh Mata

5. Penglihatan Menjadi Ganda

Penglihatan ganda adalah kondisi di mana seseorang melihat dua gambar dari satu objek yang sama. Penyebab tersering dari kondisi ini adalah mata juling. Kondisi ini tidak bisa dianggap remeh karena dapat mengancam nyawa.

Jika disebabkan oleh keadaan juling atau strabismus, maka ini tanda kacamata harus diganti. 

3 dari 4 halaman

6. Sulit Melihat pada Malam Hari

Bagi Anda yang sering keluar malam dan merasakan penglihatan mata memudar, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan mata kembali. Karena bisa jadi ini tanda harus ganti kacamata.

Terlebih, kondisi ini bisa sangat mengkhawatirkan saat Anda membawa kendaraan. Lalu, ini juga bisa merupakan tanda awal penyakit katarak, lho.

7. Adanya Kerusakan pada Lensa

Kacamata bisa saja tidak sengaja terjatuh sehingga menyebabkan timbulnya goresan halus pada bagian lensanya. Goresan tersebut tentu saja dapat mengganggu penglihatan dan menyebabkan ketegangan pada mata.

Bagi Anda yang telah menggunakan kacamata, perhatikanlah tanda-tanda harus ganti kacamata di atas agar penglihatan tidak terganggu. Jangan anggap sepele keluhan-keluhan kecil yang Anda rasakan. Bisa jadi kondisi tersebut adalah cara tubuh meminta perhatian lebih dari Anda. Salam sehat!

Baca artikel kesehatan yang menarik lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah mata Anda melalui fitur Live Chat

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar