Sukses

6 Tips Agar Anak Rajin Sikat Gigi

Anak Anda malas sikat gigi? Simak kiat berikut agar ia lebih rajin sikat gigi.

Biasanya anak-anak sangat susah untuk diajak sikat gigi. Tapi sebenarnya, ada banyak yang bisa dilakukan agar ia tidak lagi malas menyikat gigi. Berikut di antaranya:  

  1. Beri contoh yang benar

Orangtua merupakan figur ideal bagi anak. Apa yang Anda lakukan pasti akan ia tiru. Karena itu, berikan kesan pada anak bahwa sikat gigi adalah aktivitas yang menyenangkan.

Saat menyikat gigi bersama-sama anak, pasang wajah gembira. Jangan lupa, jelaskan padanya mengapa sikat gigi penting bagi kesehatan.

  1. Gunakan boneka atau makanan

Saat berlatih menyikat gigi, biarkan anak Anda mengajak boneka atau mainannya yang memiliki gigi untuk pura-pura disikat. Jadi anak dapat berlatih sikat gigi sambil bermain.

  1. Berikan hadiah kecil jika berhasil

Buatkan kalender dan siapkan sticker yang anak suka. Setiap selesai menyikat gigi, anak akan mendapatkan sticker untuk ditempel di kalender.

Simpan sticker tersebut di tempat yang tersembunyi sehingga sticker selanjutnya selalu menjadi kejutan yang ditunggu-tunggu. Jika sudah melengkapi selama 1 bulan, beri hadiah yang lebih besar –misalnya mainan yang ia inginkan.

  1. Buat cerita ala superhero

Karanglah suatu cerita bebas tentang kuman yang menggerogoti gigi dalam mulut. Satu-satunya cara untuk membunuh kuman adalah dengan menyikat gigi.

Jadikan suasana seperti pertempuran antara kuman dan jagoan pembunuh kuman. Supaya lebih seru, pakaikan anak jubah-jubahan agar ia merasa seperti superhero betulan.  

  1. Pasang musik favorit

Untuk mendampingi ritual sikat gigi, Anda dapat memasang lagu-lagu favorit anak. Dengan cara ini, ia tidak akan bosan dan menjadi lebih bersemangat untuk menyikat giginya.

  1. Biarkan anak memilih sikat gigi

Banyak sekali tampilan sikat gigi maupun pasta gigi yang menarik. Ada gambar superheroes, boneka, dan sebagainya.

Biarkan anak memilih sendiri yang ia sukai. Tentunya, pilih sikat gigi dan pasta gigi yang khusus untuk anak-anak, ya!

Terapkan keenam cara di atas supaya anak tambah rajin sikat gigi. Gigi sehat, anak pun tumbuh optimal!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar