Kehamilan

Solusi untuk Ibu Hamil yang Susah Makan

dr. Sara Elise Wijono MRes, 23 Des 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berbagai perubahan pada organ tubuh akan terjadi pada masa kehamilan. Salah satu sistem organ yang terpengaruh adalah sistem pencernaan, sehingga terkadang ibu hamil enggan makan.

Solusi untuk Ibu Hamil yang Susah Makan

Keluhan mual dan muntah sangat sering dialami oleh Anda yang sedang hamil, terutama pada masa awal kehamilan. Tak jarang hal tersebut membuat ibu hamil sulit untuk makan. Padahal nutrisi sangat penting untuk pembentukan organ tubuh janin sekaligus kesehatan sang ibu.

Jika terasa mual dan mengalami muntah, dianjurkan untuk mengonsumsi jahe. Jahe diketahui sangat baik untuk mengatasi mual. Bahkan, jahe disarankan sebagai penanganan pertama bagi ibu hamil yang mual dan muntah.

Jahe dapat ditumbuk dan diseduh menjadi teh. Selain itu, dapat juga mengonsumsi permen jahe untuk mengatasi keluhan ini. Tidak mempan dengan jahe? Jangan ragu untuk menghubungi dokter agar dapat diberikan obat antimual dan muntah.

Jika mual dan muntah kerap dihadapi saat hamil muda, lain lagi masalah pencernaan saat hamil tua. Anda yang sudah memasuki trimester tiga akan mengalami penekanan lambung dan usus karena rahim yang membesar.

Hal ini bisa menimbulkan beberapa gejala. Beberapa di antaranya adalah rasa panas setelah makan akibat refluks, serta rasa kenyang terus karena waktu pengosongan lambung yang lama.

Untuk mengatasinya, makanlah dengan porsi yang kecil tetapi sering. Setelah makan disarankan untuk tidak langsung tiduran, beri jarak sekitar 3 jam. Bila ingin berbaring, kepala dapat diganjal dengan beberapa bantal sehingga posisi seperti setengah duduk.

Masalah pencernaan lainnya yang sering menimpa ibu hamil adalah konstipasi. Hal ini mungkin menyebabkan rasa begah atau penuh sehingga enggan makan. Untuk menanganinya, disarankan banyak minum air dan mengonsumsi makanan berserat. Rekomendasi kebutuhan cairan bagi ibu hamil adalah sebanyak 2.6 liter per hari.

Perlu diingat bahwa bayi mendapatkan nutrisi dari ibunya. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang sehat, sehingga melahirkan bayi yang sehat pula.

[RS/RH]

JaheSusah Makan

Konsultasi Dokter Terkait