Sukses

Menurunkan Berat Badan dengan Makanan Berserat

Salah satu cara untuk mencapai berat badan ideal adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Cari tahu selengkapnya di sini.

Makanan berserat sudah diketahui sejak lama memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Konon, makanan ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Sebenarnya, bagaimana makanan berserat bisa bermanfaat demikian?

Perlu diketahui, usus manusia –terutama usus besar– merupakan rumah bagi lebih dari 1.000 jenis bakteri yang berbeda. Jumlahnya pun sangat banyak, yaitu hampir 100 triliun bakteri. Berbagai jenis bakteri usus ini turut memengaruhi berat badan, kadar gula darah, kekebalan tubuh, serta fungsi otak.

Keseimbangan dan keberagaman bakteri usus sangat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Seperti makhluk hidup lainnya, bakteri usus juga perlu mengonsumsi makanan yang baik agar tetap sehat. Makanan terbaik bagi mereka adalah yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks.

Nah, apabila kesehatan bakteri usus tersebut terjaga dengan baik, maka mereka dapat memroses serat dan karbohidrat kompleks yang dikonsumsi manusia secara optimal di dalam saluran cerna. Sisa hasil pemrosesan serat tersebut berupa asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acids/SCFAs).

Asam lemak tersebut berperan dalam memberikan rasa kenyang, menentukan seberapa banyak kalori dan zat gizi yang akan diserap oleh tubuh. Selain itu juga turut mengatur kerja hormon insulin agar tubuh lebih memilih untuk membakar lemak dibandingkan menyimpannya. Pada akhirnya akan menurunkan berat badan.

Tak hanya sampai di situ. Dalam Seminar Human Nutrition Research Center di Jakarta, 3 November silam, Profesor Farmasi dan Bioteknologi dari Universitas Bologna, Patrizia Brigidi, mengungkapkan bahwa bakteri-bakteri usus menyerap lebih banyak kalori dari karbohidrat sederhana dibandingkan serat atau karbohidrat kompleks.

Dengan demikian, jika Anda kurang mengonsumsi serat, kalori yang diserap oleh tubuh akan lebih banyak. Akibatnya terjadi peningkatan berat badan.

“Dari penelitian-penelitian tersebut, kita dapat berspekulasi bahwa sumber karbohidrat yang paling baik adalah yang berasal dari biji-bijian dan pati, sebagai sumber karbohidrat kompleks dan serat untuk mendukung keberagaman dan kesehatan bakteri usus,” lanjut Profesor Brigidi.

Jadi, jika Anda ingin memiliki berat badan yang ideal, peliharalah kesehatan usus dengan mengonsumsi makanan berserat setiap hari.

Salam sehat!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar