Sukses

5 Cara Instan Atasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu. Jangan khawatir. Lakukan 5 cara instan berikut ini.

Sakit tenggorokan sering membuat penderitanya tidak enak makan dan malas berbicara akibat rasa perih di tenggorokan. Tak jarang, sakit tenggorokan berujung pada batuk dan demam.

Sakit tenggorokan disebabkan karena iritasi pada tenggorokan. Meskipun 80% disebabkan oleh infeksi virus akut, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh peradangan akut, maupun trauma. Tak hanya itu, infeksi bakteri dan kejadian refluks asam lambung ke tenggorokan juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan memiliki gejala bermacam-macam. Mulai dari nyeri ketika menelan, suara serak, demam, batuk, rasa terbakar di tenggorokan, pilek, tenggorokan terasa perih, dan kering serta hilangnya nafsu makan.

Penyakit ini bisa menular. Untuk mencegah agar tidak tertular, Anda harus mencuci tangan dengan baik dan benar, hindari berbagi makanan ataupun minuman, gunakan hand sanitizer dan hindari sering berkontak dengan penderita.

Jika setelah melakukan tindakan pencegahan Anda masih mengalaminya, cobalah 5 cara instan atasi sakit tenggorokan berikut ini:

  1. Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam. Ini dapat meringankan gejala sakit tenggorokan, mengurangi lendir dan mengurangi iritasi.
  2. Minum minuman hangat, seperti teh hangat. Tujuannya untuk meluruhkan sekresi atau lendir yang menyangkut di tenggorokan.
  3. Gunakan vaporizer atau humidifier di kamar tidur Anda.
  4. Hindari asap rokok dan polutan lainnya. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan masker.
  5. Makan permen pelega tenggorokan yang mengandung peppermint asli dan mentol. Permen jenis ini dapat membantu melegakan dan mengurangi sakit tenggorokan, karena menimbulkan efek lembap pada tenggorokan.
  6. Anda juga bisa mengonsumsi obat golongan NSAID (Non-Steroidal Anti-Inflamatory Drug) untuk membantu meredakan sakit tenggorokan yang Anda rasakan.

Jika setelah mencoba tip di atas namun gejala sakit tenggorokan masih saja mengganggu, sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter. Karena bisa jadi sakit tenggorokan yang Anda alami adalah akibat infeksi bakteri akut, di mana kondisi ini membutuhkan antibiotik sebagai tata laksananya.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar