Sukses

Bersahabat dengan Kolesterol

Kolesterol sering dituding sebagai zat yang hanya memberikan dampak buruk bagi tubuh. Tahukah Anda bahwa sebenarnya tidak selalu demikian?

Kolesterol sering dianggap sebagai zat berbahaya, yang harus sangat dihindari oleh manusia. Ini karena kolesterol dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan fungsi sistem kardiovaskular di dalam tubuh. Lantas, benarkah kolesterol harus dihindari sama sekali?

Jawabannya adalah tidak. Secara umum, kolesterol adalah senyawa yang dibentuk di hati dan dibutuhkan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi –seperti pembentukan dinding sel, dan pembentukan badan saraf. Namun untuk dapat merasakan hal tersebut, Anda memerlukan asupan yang seimbang.

Kolesterol terbagi menjadi dua golongan, yaitu kolesterol jahat (LDL – Low Density Lipoprotein) dan kolesterol baik (HDL – High Density Lipoprotein). Kedua golongan kolesterol ini disusun dari dua komponen, yaitu protein dan lemak.

LDL vs HDL

Low Density Lipoprotein (LDL) disebut sebagai kolesterol jahat karena konsumsi makanan dengan kandungannya yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah arteri koroner dan menyebabkan penyakit jantung koroner. Kadar kolesterol LDL yang disarankan adalah di bawah 100 mg/dl.

Sedangkan High Density Lipoprotein (HDL) disebut sebagai kolesterol baik, karena kolesterol golongan ini menunjang kesehatan jantung Anda. Di samping itu, HDL juga membantu pengambilan kolesterol LDL dari arteri, kemudian dikembalikan ke hati untuk di metabolisme, dan pada akhirnya dikeluarkan dari tubuh.

Mengendalikan Kolesterol di Dalam Tubuh

Salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat, yaitu pola makan dengan kandungan rendah lemak tersaturasi. Artinya, Anda harus membatasi asupan berbagai makanan yang digoreng, mengandung mentega, ataupun berbahan dasar keju. Sebagai gantinya, Anda dapat memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Selain itu, suplemen minyak ikan juga dapat Anda coba, karena memiliki kandungan omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung.

Untuk mengoptimalkan manfaat pola makan yang sehat dalam mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh, Anda juga harus berolahraga secara rutin dan teratur –sebanyak tiga sampai lima kali seminggu. Olahraga yang sangat baik bagi kesehatan jantung adalah olahraga aerobik –seperti berenang, atau lari pagi.

Kesimpulannya, Anda masih tetap butuh untuk mengonsumsi kolesterol. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah jenis kolesterol yang Anda konsumsi.  Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda perlu memilih jenis makan sehat, serta berolahraga secara rutin dan teratur. Dengan ini, maka Anda akan memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari ancaman penyakit jantung koroner. 

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar