Sukses

Vitamin B, Zat Ajaib bagi Tubuh

Tahukah Anda bahwa banyak fungsi tubuh yang bergantung pada vitamin B?

Pernahkah Anda merasa lemas atau tidak bersemangat? Tubuh terlihat pucat atau tidak bertenaga? Bisa jadi Anda kekurangan vitamin B!

Vitamin sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia. Ini karena tubuh memerlukan zat tersebut untuk membantu proses metabolisme. Salah satu vitamin yang memegang peranan penting dalam hal ini adalah vitamin B.

Beberapa jenis vitamin B yang penting manfaatnya untuk tubuh, yakni:

  1. Vitamin B1

Vitamin B1 atau disebut thiamine merupakan koenzim yang berfungsi dalam pemecahan gula dan asam amino. Vitamin ini banyak ditemukan pada kacang-kacangan.

  1. Vitamin B2

Vitamin B2 disebut juga riboflavin, yang memiliki peranan penting dalam mengaktivasi vitamin lain. Riboflavin merupakan vitamin yang diperlukan untuk reaksi enzim flavoprotein. Vitamin B2 dapat ditemukan pada susu, yoghurt, keju dan sayuran hijau.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 disebut juga piridoksin, merupakan vitamin yang penting karena memiliki peranan dalam metabolisme berbagai reaksi enzimatik di dalam tubuh. Vitamin ini banyak ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan dan buah.

  1. Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat, merupakan vitamin yang penting untuk fungsi otak dan kesehatan emosional seseorang. Vitamin ini membantu produksi DNA dan RNA, materi genetik manusia. Asam folat diperlukan, khususnya pada keadaan di mana pertumbuhan sel sedang terjadi dengan cepat.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 disebut juga dengan kobalamin, diperlukan tubuh dalam sintesis DNA, metabolisme asam lemak dan metabolisme asam amino. Vitamin B12 banyak ditemukan pada daging, susu, keju, dan telur.

Itulah beberapa contoh vitamin B yang penting bagi fungsi tubuh Anda. Namun untuk menunjang fungsi tubuh yang baik, diet kaya vitamin lain juga diperlukan.  Ini karena berbagai fungsi tubuh memerlukan bantuan dari banyak vitamin yang berbeda. Jadi, makanlah buah dan sayur dengan variasi yang berbeda setiap hari, guna memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar