Sukses

Suplemen Ajaib Penurun Kolesterol

Pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan konsumsi suplemen yang tepat dapat menjaga kadar kolesterol Anda dalam rentang normal. Apa saja suplemen yang bermanfaat menjaga kadar kolesterol?

Kolesterol merupakan komponen makanan yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai fungsinya. Namun jika kadar kolesterol tidak dikontrol dengan baik, maka dapat timbul berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung koroner.

Terdapat beberapa jenis kolesterol, namun yang umumnya menjadi perhatian adalah kolesterol jahat (LDL – Low Density Lipoprotein). Pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan konsumsi suplemen yang tepat dapat menjaga kadar kolesterol Anda tetap normal.

Apa saja suplemen yang bermanfaat menjaga kadar kolesterol?

  1. Soy protein

Ada kabar baik bagi Anda pecinta tahu dan susu kedelai. Ternyata berbagai makanan berbahan dasar kacang kedelai tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung.

Konsumsi protein kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sebesar 3%. Walaupun efek penurunan yang dirasakan tidak terlalu besar, Anda dapat mencoba suplemen yang satu ini untuk membantu program penurunan kadar kolesterol di dalam tubuh.

  1. Beta-glucan

adalah serat terlarut yang banyak ditemukan pada oatmeal. Oatmeal dapat menurunkan kolesterol dengan menurunkan absorpsi kolesterol jahat (LDL). Ini dikarenakan oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan absorbsi kolesterol jahat.

  1. Minyak ikan

Salah satu komponen pola makan yang sehat adalah makanan kaya omega-3. Asam lemak ini banyak ditemukan pada minyak ikan, khususnya ikan makarel, tuna atau salmon. Minyak ikan dapat menurunkan kadar trigliserida, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Stanol tumbuhan

Stanol tumbuhan merupakan salah satu suplemen yang tersedia di pasaran dan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).

  1. Flaxseed

Apakah Anda mengetahui apa itu Flaxseed? Flaxseed adalah biji dari bunga Flax dengan bentuk mirip biji wijen, yang banyak digunakan untuk berbagai hal –salah satunya adalah suplemen makanan. Konsumsi rutin flaxseed dapat menurunkan trigliserida.

  1. CoQ10

Q10 (CoQ10) adalah antioksidan yang dibuat oleh tubuh manusia. CoQ10 ditubuhkan untuk fungsi tubuh dasar manusia. Jumlahnya berkurang seiring bertambahnya umur, kanker, diabetes, oenyakit jantung, HIV/AIDS dan parkinson.

Suplementasi CoQ10 dapat meningkatkan kadar CoQ10. Selain itu jugda dapat bermanfaat dalam penanganan berbagai penyakit seperti sakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Suplemen adalah makanan tambahan yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan pengobatan yang sudah ada. Karena itu, terapi yang utama tetap berupa perubahan pola hidup dan pengobatan dari dokter.

Jika Anda berencana menggunakan berbagai suplemen di atas, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar