Sukses

Kenali Gejala Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia. Kenali gejalanya!

Saat ini, serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia. Berdasarkan data kesehatan di Amerika Serikat, kematian akibat serangan jantung menempati posisi pertama. Ini karena satu dari setiap empat kematian di negara tersebut disebabkan oleh penyakit jantung. Hal ini tentu memerlukan perhatian khusus. Pengenalan tentang gejala penyakit jantung sangat diperlukan, agar pertolongan yang tepat dapat segera diberikan.

Apa saja gejala serangan jantung?

  1. Nyeri dada kiri

Nyeri dada kiri merupakan gejala khas dari penyakit jantung. Seseorang yang mengalami serangan jantung akan mengeluhkan adanya nyeri pada dada kiri yang menjalar ke lengan kiri, leher atau menembus ke punggung. Terkadang nyeri juga terasa seperti tertindih benda berat, dan dirasakan lebih dari beberapa menit. Nyeri dada biasanya menghilang dengan obat nitrat yang diberikan di bawah lidah.

  1. Nyeri perut

Walaupun tidak khas, beberapa orang akan mengeluhkan nyeri pada regio ulu hati. Kadang keluhan ini disalahartikan sebagai sakit mag, padahal ini merupakan gejala penyakit jantung. Untuk membedakannya diperlukan pemeriksaan yang teliti, dengan pemeriksaan penunjang –seperti pemeriksaan aliran listrik jantung atau elektrokardiografi.

  1. Sesak napas

Sesak napas merupakan gejala yang umum dikeluhkan pasien dengan serangan jantung. Seseorang yang mengalami serangan jantung akan merasa sesak dan sulit bernapas. Hal ini dapat disebabkan karena kegagalan pompa jantung, sehingga aliran darah tidak dapat mengalir dengan lancar dan tertumpuk di paru.

  1. Berkeringat

Seorang yang mengalami serangan jantung juga akan mengeluh berkeringat dingin dan tangan terasa dingin. Pasien cenderung menjadi cemas karena merasa sangat nyeri, yang dapat memperburuk gejala lain yang sudah ada.

  1. Mual dan muntah

Keluhan mual dan muntah juga dapat dirasakan. Hal ini membuat pasien kesulitan untuk makan.

Demikian berbagai gejala serangan jantung yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengeluh berbagai gejala di atas, atau ada kerabat dengan keluhan serupa, kunjungilah dokter untuk mendapatkan pemeriksaan segera.

Serangan jantung perlu dicurigai pada semua orang dengan keluhan nyeri dada, sampai terbukti kebenarannya. Ingat, serangan jantung adalah pembunuh yang cepat dan memerlukan penanganan yang cepat.

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar