Sukses

Kepala Anak Terbentur? Jangan Tunggu, Segera Lakukan Ini!

Kepala terbentur merupakan suatu kondisi yang cukup sering terjadi pada usia anak-anak. Di saat ini terjadi, jangan tunggu lagi. Segera lakukan ini!

Anak sangat gemar bermain, berlari kesana-kemari, memanjat, dan aktivitas lainnya sehingga jatuh dan mengalami benturan di kepala. Jika ini terjadi, apa yang akan Anda lakukan selanjutnya? Membiarkannya saja, atau langsung membawanya ke rumah sakit?

Kepala terbentur merupakan suatu kondisi yang cukup sering terjadi pada usia anak-anak. Ini karena kepala adalah bagian tubuh, yang di dalamnya terdapat otak untuk mengatur fungsi tubuh. Pada anak, terutama bayi, struktur tulang tengkorak belum sekeras milik orang dewasa. Inilah sebabnya Anda perlu berhati-hati dalam menjaga anak untuk menghindari benturan atau cedera di kepala.

Jika anak Anda mengalami luka di kepala akibat terbentur, ini yang harus dilakukan:

  • Jangan panik

Jangan panik adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Ini karena panik akan membuat pikiran Anda menjadi blank, sehingga tidak mampu berpikir jernih. Karena itu, usahakan untuk tetap tenang.

  • Pindahkan anak ke tempat yang aman

Jika anak terbentur di tengah jalan atau di tempat umum lainnya, segera pindahkan dirinya ke tempat yang lebih aman dan datar. Ini penting untuk menunjang keselamatan Anda dan anak.

  • Perhatikan kesadaran anak

Periksa apakah anak sadar atau pingsan setelah terjadi benturan. Caranya dengan memanggil namanya dan menggoyangkan tubuhnya.

  • Jika tidak sadar, segera periksa pernapasannya

Jika anak tidak sadar, buka jalan napas anak dan nilai pernapasannya selama 10 detik. Jika tidak bernafas, berikan nafas buatan sebanyak 5 kali. Kemudian lanjutkan dengan kompresi dada 30 kali, diikuti dengan bantuan napas 2 kali, sembari meminta bantuan orang lain untuk menghubungi ambulans.

Jika anak bernapas dengan baik, baringkan dengan posisi menyamping sembari menghubungi ambulans. Ketika sudah bernapas kembali, tetap bawa anak ke rumah sakit.

  • Jika anak sadar, periksa apakah ada perdarahan

Jika ada perdarahan, segera lakukan penekanan pada bagian yang berdarah dengan tangan, sembari mencari perban atau kain untuk membalut luka. Kemudian lakukan balut tekan dengan perban atau kain apa pun untuk menghentikan perdarahan. Jika perdarahan berlanjut, bawa anak ke rumah sakit.

  • Jika anak tidak berdarah, kompres dingin kepala yang terbentur

Lakukan kompres dengan batu es yang telah dibalut kain atau ice pack pada bagian kepala anak yang terbentur. Ini untuk mencegah pembengkakan. Baringkan anak dengan posisi kepala yang lebih tinggi.

Setelah melakukan hal di atas, perhatikan apakah anak mengalami sakit kepala, muntah, terlihat mengantuk, atau tiba-tiba pingsan dalam periode waktu 6 jam. Jika mengalami kejadian tersebut, segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar