Sukses

Manfaat Mengejutkan Minum Susu bagi Tubuh

Siapa sangka, ternyata minum susu memberikan manfaat mengejutkan ini bagi tubuh!

Sejak baru dilahirkan, bayi sudah mendapat makanan melalui Air Susu Ibu (ASI). Karena itu, anak mana yang tidak suka susu? Jarang sekali anak-anak yang tidak menyukai minuman penuh nutrisi ini.

Karena kaya akan nutrisi, susu menjadi asupan yang sangat bermanfaat bagi tubuh anak-anak dan juga dewasa. Minuman ini juga dapat menjaga kebutuhan cairan tubuh, karena 87% kandungannya adalah air.

Selain itu, susu juga bermanfaat sebagai:

  1. Sumber Energi

Susu dapat menjadi sumber energi bagi tubuh, karena mengandung kalori –karbohidrat, protein dan lemak. Kalori yang terkandung di dalam minuman bermanfaat ini adalah sebanyak 4 kcal/gram karbohidrat dan protein, dan 9 kcal/gram lemak.

Karbohidrat pada susu tersimpan dalam bentuk laktosa (salah satu bentuk dari glukosa). Zat ini harus dipecah dengan enzim terlebih dahulu sebelum akhirnya diserap oleh tubuh.

Pada beberapa orang yang kekurangan enzim, kandungan ini dapat mencetuskan penyakit yang disebut dengan alergi laktosa. Jika Anda adalah orang yang demikian, pilihlah jenis susu yang tidak mengandung laktosa.

Protein pada susu bermanfaat dalam membantu pembentukan otot, kulit, rambut dan sel tubuh. Sedangkan lemak bermanfaat dalam pembentukan struktur sel membran dan hormon.

Namun terlalu banyak lemak tidak baik untuk kesehatan. Itulah sebabnya banyak produsen memproduksi susu rendah lemak atau sama sekali tidak mengandung lemak.

  1. Sumber Vitamin

Vitamin berperan penting dalam metabolisme dan sebagai antioksidan. Susu mengandung banyak vitamin. Di antaranya, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E, dan K.

Vitamin A baik untuk mata dan dan vitamin C merupakan antioksidan bagi tubuh. Sedangkan vitamin B bermanfaat bagi metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, sementara itu vitamin B12 berpengaruh terhadap fungsi darah. Vitamin D dan K sangat baik untuk kesehatan tulang.

  1. Sumber Mineral

Mineral memiliki peran dalam fungsi enzim, pembentukan tulang, keseimbangan cairan dan transportasi oksigen. Susu mengandung kalsium, magnesium dan mangan yang penting dalam pembentukan dan metabolisme tulang.

Besi pada susu penting sebagai komponen darah. Tembaga pada susu adalah komponen enzim untuk metabolisme besi. Susu juga mengandung fosfor untuk menjaga keasaman tubuh.

Kalium dan sodium, elektrolit yang menjaga keseimbangan cairan tubuh, juga terdapat pada susu. Susu pun menjadi sumber yang baik akan zink (seng), yang merupakan komponen dari banyak protein dan enzim.

Sudah tahu ‘kan apa saja manfaat susu bagi tubuh? Yuk, konsumsi minuman ini agar kebutuhan nutrisi dapat terus terpenuhi. Dengan demikian, tubuh pun dapat berfungsi dan berkembang dengan lebih optimal.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar