Sukses

Benarkah Cokelat Bisa Tingkatkan Performa?

Siapa yang tak suka cokelat? Selain nikmat, cokelat diyakini juga dapat meningkatkan performa olahraga. Benarkah demikian?

Cokelat merupakan makanan yang disukai banyak orang. Cokelat hitam (dark chocolate) adalah salah satu makanan yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun sebuah penelitian akhir-akhir ini menunjukkan bahwa cokelat hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan performa saat berolahraga.

Cokelat hitam dan performa

Cokelat hitam dapat meningkatkan peforma dalam berolahraga. Itulah kesimpulan salah satu penelitian yang dilakukan di Inggris. Penelitian ini dilakukan pada 9 pengendara sepeda amatir yang dibagi ke dalam dua grup. Salah satu grup mendapatkan 40 gram cokelat hitam, sedangkan grup yang kedua mendapatkan cokelat putih.

Hasil dari penelitian ini adalah kelompok yang makan cokelat hitam menggunakan tingkat oksigen yang lebih sedikit dan dapat mencapai jarak yang lebih jauh, dibandingkan dengan mereka yang makan cokelat putih. Hal ini tentu menjadi salah satu temuan yang menarik, karena cokelat merupakan makanan yang umum ditemui dan disukai oleh banyak orang.

Mekanisme cokelat dalam meningkatkan stamina

Kandungan cokelat yang berperan penting dalam peningkatan stamina adalah flavanol. Flavanol –yang banyak terkandung dalam cokelat hitam– dapat meningkatkan performa dengan meningkatkan kadar nitric oxide. Nitric oxide dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, yang pada akhirnya memperlancar aliran oksigen ke jaringan tubuh. Hal inilah yang dipercaya menyebabkan peningkatan performa saat seseorang mengonsumsi cokelat hitam.

Namun demikian, berapa kandungan flavanol dalam cokelat hitam, apakah efeknya bersifat jangka panjang, dan berapa banyak cokelat hitam yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan performa masih belum dipaparkan secara jelas. Karena itu, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Namun bagi Anda yang ingin meningkatkan performa saat berolahraga, tidak ada salahnya jika ingin mengonsumsi cokelat hitam. Asalkan perhatikan jumlahnya agar tidak berlebihan, ya!

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar