Sukses

Cegah Penyakit Jantung dengan Cara Praktis Ini

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian yang perlu diwaspadai. Cara praktis ini dapat membantu Anda menurunkan faktor risikonya!

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian yang perlu diwaspadai. Tak hanya menyerang orang lanjut usia, penyakit jantung juga kerap menyerang usia muda. Ini sangat erat hubungannya dengan pola hidup yang dilakukan.

Karena itu, dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, maka risiko penyakit jantung akan sangat berkurang. Pola hidup sehat yang dapat Anda terapkan untuk meminimalkan risiko penyakit jantung, yakni:

  1. Pola makan sehat

Terdapat beberapa prinsip dasar pola makan untuk jantung yang sehat. Namun yang paling utama adalah dengan memilih makanan yang rendah lemak saturasi dan rendah garam. Makanan yang kaya akan omega-3 juga dapat Anda jadikan pilihan utama. Karena omega-3 –zat yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh– sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, peradangan, serta baik untuk menjadi suplemen bagi otak Anda. Omega-3 dapat Anda temukan pada minyak ikan, dengan mengonsumsi langsung ikan –seperti salmon, makarel,  dan tuna– ataupun dengan mengonsumsi suplemen. Tetap ingat untuk menghindari makanan yang diolah dengan cara menggoreng. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang diolah dengan direbus atau dikukus. Tingkatkan konsumsi buah, sayuran, minyak zaitun, dan makanan kaya gandum (oat).

  1. Jaga berat badan ideal

Menurunkan beberapa kilogram berat badan Anda dapat turut menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Anda dapat mengurangi berat badan dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Pilihlah jenis olahraga aerobik –seperti; berlari, berenang atau bersepeda.

  1. Stop rokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan –seperti; gangguan paru dan gangguan jantung. Ingin hidup lebih sehat? Hindari rokok dari sekarang!

  1. Hindari stres psikis

Stres berpengaruh terhadap penyakit jantung. Karena stres menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi dan berbagai perilaku yang dilakukan saat menghadapinya –seperti; makan tidak terkontrol dan merokok. Karena itu, cobalah kurangi stres psikis dengan terapi relaksasi dan berekreasi.

  1. Kontrol kesehatan secara rutin

Apabila Anda sudah berumur di atas 40 tahun, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mendeteksi berbagai faktor risiko penyakit jantung. Terlebih jika ada riwayat sakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi di keluarga.

Ternyata tidak sulit kan untuk menurunkan risiko sakit jantung? Yuk, jangan tunda lagi untuk menerapkan pola hidup sehat, demi jantung yang lebih sehat!

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar