Sukses

Sering Kebelet BAB, Mungkin Ini Penyebabnya

Sering tidak bisa menahan BAB? Waspada, mungkin Anda memiliki kondisi berikut ini.

Beberapa hari yang lalu, beredar kabar mengenai penumpang ojek online yang buang air besar saat di perjalanan. Kemudian, hal ini baru diketahui setelah penumpang tersebut turun. Apa saja penyebab orang dewasa tidak dapat menahan keinginan untuk buang air besar?

Buang air besar merupakan aktivitas alami yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Normalnya, buang air besar terjadi secara sadar, karena terdapat otot-otot pada dinding usus, otot pada anus, dan saraf yang berperan untuk menahan tinja agar tidak keluar.

Namun, ada kalanya buang air besar terjadi saat tidak disadari, dan ini merupakan kejadian abnormal. Pada orang dewasa, ketidakmampuan untuk mengontrol buang air besar dinamakan inkontinensia alvi. Gangguan ini menyebabkan pengeluaran tinja tidak dapat ditahan dari dubur.

Berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan inkontinensia alvi:

  • Diare

Saat diare, biasanya perut akan mulas sehingga orang tidak dapat mengontrol pengeluaran tinja yang konsistensinya berubah menjadi cairan. Ini menyebabkan tinja dapat keluar kapan saja tanpa disadari.

  • Kerusakan otot anus

Saat terjadi kerusakan pada otot anus, yang sesungguhnya berfungsi untuk menjaga tinja agar tidak keluar, otomatis tinja pun akan mudah bocor keluar.

  • Kerusakan saraf anus

Kerusakan saraf anus bisa diakibatkan oleh proses melahirkan, stroke, cedera tulang belakang, penyakit diabetes, dan multiple sclerosis.

  • Efek samping operasi di sekitar anus

Operasi yang dilakukan di sekitar anus bisa menimbulkan efek samping, seperti kerusakan saraf di sekitar anus atau luka di dinding anus. Hal ini membuat anus menjadi kaku, dan kemampuan anus untuk menyimpan tinja sementara menjadi terganggu sehingga mudah keluar.

  • Peningkatan usia

Semakin lanjut usia, kemungkinan untuk mengalami inkontinensia tinja dapat terjadi. Hal ini dikarenakan mulai melemahnya otot-otot dan saraf yang berada di sekitar anus untuk menahan pengeluaran tinja.

  • Pasca melahirkan

Wanita lebih sering mengalami inkontinensia tinja, terutama pada wanita yang melahirkan dengan jalan normal dan mendapatkan tindakan episiotomi (sayatan pada bagian perineum, yakni bagian antara jalan lahir dan anus).

Ketidakmampuan seseorang untuk menahan tinja keluar memang peristiwa yang memalukan. Namun, jika Anda mengalami hal di atas, segera konsultasikan dengan dokter agar penyebabnya dapat diketahui. Semakin cepat mendapatkan terapi, maka semakin cepat keluhan Anda teratasi.

[RS]

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar