Sukses

Awas! Ada Bahaya di Balik Menduduki Dompet di Kantong Belakang

Awas! Ada bahaya yang mengintai di balik kebiasaan menduduki dompet di kantong belakang. Apakah itu?

Pernahkah Anda menduduki dompet di kantong belakang? Aatau jangan-jangan Anda justru sering melakukannya?

Saat Anda menduduki dompet di kantong belakang, dompet dan pinggul dapat menjepit saraf yang bernama ischiadicus. Saraf ini merupakan saraf besar yang terletak di bagian belakang tubuh.

Saraf yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah nervus ischiadicus ini berjalan dari kedua sisi tulang belakang bagian bawah, menuju bokong dan bagian belakang dari pinggul. Kemudian turun hingga kaki.

Jepitan ini bisa menimbulkan rasa nyeri. Biasanya timbul dari pinggul, tetapi bisa juga merambat ke bawah hingga kaki. Nyeri tersebut biasanya digambarkan sebagai nyeri tajam, atau dapat pula seperti sensasi terbakar atau tersengat listrik.

Selain nyeri, gejala-gejala lainnya yang dapat muncul adalah kebas atau mati rasa, kesemutan, dan rasa ditusuk-tusuk yang merambat hingga kaki. Dapat juga timbul gejala kelemahan pada kaki.

Selain itu, saat menduduki dompet, posisi Anda menjadi tidak tegak lurus melainkan agak miring. Posisi miring ini sebenarnya memberi tekanan pada tulang belakang Anda, terutama pada bagian tulang belakang yang dekat dengan ujung/ akar dari nervus ischiadicus.

Semakin tebal dompet yang Anda duduki, semakin besar pula tekanan yang timbul ke tulang belakang. Lantas, bagaimana solusinya? Tentu saja Anda harus menghindari menyimpan dompet, kunci kendaraan, ponsel, dan lain-lain pada kantong belakang celana.

Anda dapat menyimpan barang-barang tersebut dalam suatu tas khusus. Jika memang terpaksa, pilihlah dompet tipis untuk menyimpan uang seperlunya saja. Atau, sebelum duduk, keluarkan semua barang-barang yang Anda simpan dalam kantong.

[RS/RH]

Baca Juga:

2 Komentar