Sukses

4 Kiat Sehat yang Tidak Masuk Akal

Terdengar tidak masuk akal, tetapi inilah kiat sehat yang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani Anda.

Kiat menjadi sehat tidak melulu membosankan. Ternyata beberapa cara yang terdengar tidak masuk akal benar-benar bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani Anda!

Inilah kiat sehat yang tidak masuk akal namun bermanfaat:

  1. Makan lebih banyak tapi tetap langsing

Anda tentu sering melihat kudapan berenergi di minimarket, yang lebih sering disebut dengan energy bar. Banyak orang beranggapan bahwa mengonsumsi energy bar akan cukup untuk mengenyangkan perut sepanjang sisa hari, sehingga dapat mengurangi porsi makan.

Perlu diketahui, mengonsumsi kudapan karbohidrat tinggi kalori ini akan meningkatkan kadar gula darah dengan tajam. Hasilnya Anda merasa lapar dan justru ingin makan lagi.

Coba ganti asupan kalori Anda dengan banyak mengonsumsi buah dan sumber protein –seperti selai kacang. Serat dan protein yang terkandung di dalamnya akan menyuplai kalori yang dibutuhkan dan menjaga perut tetap kenyang dalam waktu lama.

  1. Minuman hangat untuk menyejukkan tubuh

Apa yang Anda pikirkan saat tubuh sedang kepanasan? Tentu minuman es yang dingin akan terasa menyegarkan, bukan? Ternyata, kebiasaan ini tidak selamanya efektif.

Saat tubuh kepanasan, Anda justru membutuhkan minuman hangat untuk menyejukkan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa saat Anda menyeruput minuman hangat ketika sedang kepanasan, tubuh akan menerima sensasi perubahan suhu dan meningkatkan produksi keringat.

Dengan menguapnya keringat, tubuh pun akan terasa lebih sejuk. Cara mengonsumsi minuman hangat saat udara panas ini telah lama dipraktikkan di India sebagai bagian dari budaya mereka.

  1. Kembalikan energi dengan berolahraga saat lelah

Setelah kehilangan energi akibat seharian beraktivitas, Anda tentu tidak ingin berolahraga, bukan? Padahal, berolahraga saat tubuh merasa lelah sangat bermanfaat.

Menurut penelitian, rasa lelah dan gangguan mood dapat membaik setelah 30 menit berolahraga. Selain itu, kegiatan ini juga membuat distribusi oksigen di tubuh lebih baik, sehingga tubuh akan terasa lebih segar.

  1. Jaga hubungan Anda dan pasangan dengan menyendiri

Memang menyenangkan melakukan semua hal bersama dengan pasangan. Namun tetap memiliki waktu untuk melakukan kegiatan sendirian juga tak kalah penting.

Menyendiri akan memberikan Anda waktu untuk berproses menjadi lebih baik. Anda dapat mengenal diri lebih jauh, juga mengurangi stres dan rasa cemas, yang akan berpengaruh ke hubungan Anda dan pasangan.

Beberapa tip kesehatan di atas mungkin membuat Anda awalnya mengernyitkan alis dan dahi. Namun jika dijalani, rasakan sendiri manfaatnya.

Selamat mencoba!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar