Sukses

Si Cantik Gigi Hadid Ternyata Mengidap Hashimoto

Gigi Hadid! Siapa yang tak kenal dengan model cantik asal Amerika ini? Baru-baru ini, Gigi menguak tentang penyakit Hashimoto yang dideritanya.

Gigi Hadid dikenal sebagai model cantik berambut pirang dengan bebagai prestasi. Seperti yang baru-baru ini diterimanya, yaitu penghargaan International Model of the Year di London.

Tak hanya itu, Gigi juga sudah 2 kali berturut-turut mendapatkan kesempatan langka untuk berjalan di pagelaran fashion show bergengsi, Victoria’s Secret. Ya, tak semua model bisa melakukan hal tersebut.

Pada sebuah wawancara dengan situs elle.com baru-baru ini, Gigi mengungkapkan penyakit yang dideritanya yaitu Hashimoto. Selama 2 tahun mengonsumsi obat untuk penyakit tersebut, tubuhnya menjadi sangat kurus.

Apa itu penyakit Hashimoto?

Seperti namanya, penyakit ini ditemukan oleh ahli bedah bernama Hashimoto yang berasal dari Jepang pada tahun 1912. Hashimoto’s disease adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan meyerang  tubuh sendiri.

Pada penyakit ini, bagian yang diserang adalah kelenjar tiroid. Kelenjar ini termasuk kecil, namun fungsinya sangat penting dalam menghasilkan hormon yang mengontrol metabolisme tubuh. Kelenjar tiroid terletak di bawah jakun (Adam’s apple).

Penyakit ini lebih sering menyerang wanita 7 kali lebih banyak dibandingkan pria. Penyebabnya masih belum diketahui, namun ada banyak faktor dipercayai terlibat. Salah satunya adalah keturunan. Biasanya orang yang menderita Hashimoto memiliki keluarga yang juga memiliki penyakit tiroid atau penyakit autoimun lainnya.

Hashimoto menyebabkan produksi hormon tiroid dari kelenjar tiroid terganggu. Sehingga, menyebabkan kekurangan hormon tiroid atau hipotiroid. Pada hipotiroid yang ringan, tubuh belum memberikan gejala apapun. Namun, setelah bertahun-tahun, tubuh Anda akan menunjukkan beberapa gejala.

Beberapa gejala yang bisa Anda kenali seperti:

  • kelenjar tiroid yang membengkak (gondongan)
  • kenaikan berat badan
  • lemah, mudah lelah, mudah kedinginan
  • wajah pucat
  • nyeri pada otot dan sendi
  • konstipasi
  • sulit hamil
  • rambut rontok dan tipis
  • menstruasi yang tidak teratur dan banyak
  • depresi
  • detak jantung yang lambat

Hashimoto belum dapat disembuhkan. Pengobatannya dilakukan dengan memberikan hormon tiroid tambahan dari luar untuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Terkadang, untuk kelenjar tiroid yang sangat membengkak mungkin dibutuhkan operasi.

Efek samping dari pengobatan yang sering terjadi adalah penurunan berat badan secara drastis karena metabolisme tubuh yang dipercepat. Oleh karena itu, pengobatan Hashimoto harus diawasi oleh dokter untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Seperti halnya Gigi Hadid, Anda juga bisa terserang penyakit Hashimoto. Jadi jika merasakan gejala seperti di atas, segera periksakan diri Anda ke dokter. Jangan sampai terlambat!

(RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar